DPRD Lampung Barat Gelar Rapat Paripurna Dengarkan Pidato Pj Bupati Nukman

742 views

Lampung Barat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat menggelar Rapat Paripurna mendengarkan pidato Bupati dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten setempat yang ke 33 tahun di ruang rapat Maghgasana DPRD, Senin (23/09/2024).

Hadir dalam acara tersebut Pj.Bupati Lampung Barat, Drs.Nukman, Ketua DPRD sementara, Sri Nur Wijayanti,SS beserta anggota, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Drs.Ismet Inoni, segenap Kepala OPD, tokoh adat, tokoh masyarakat dan lain lain.

Mengawali penyampaian pidatonya dalam rangka HUT Lampung Barat ke-33, Nukman mengucapkan terimakasih kepada seluruh kalangan, mulai dari Legislatif, Aparatur Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Lampung Barat yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di bumi Sekala Bekhak. Karena dalam suasana yang aman, tenteram, damai dan demokratis inilah pelaksanaan tahapan-tahapan pembangunan daerah tercapai secara baik.

Menurut Nukman, peringatan hari jadi ini harus digunakan sebagai momentum untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini, masa depan dan mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang kita raih saat ini adalah berkat kerja keras bersama.

“Perjalan panjang yang telah kita lalui, membawa kita untuk dapat bersama-sama merayakan hari jadi yang ke-33 tahun Kabupaten Lampung Barat. Kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi,” ujarnya.

Selanjutnya, masih kata Nukman, semua patut berterimakasih kepada para pendahulu dan pendiri Kabupaten Lampung Barat atas dasar-dasar serta pondasi pembangunan yang telah diletakkan dan semoga kita semua bisa meneruskan cita- citanya dalam membangun dan memajukan Kabupaten Lampung Barat yang sama-sama kita cintai dan banggakan.

BACA JUGA :   Hari Pertama Masuk Kerja Kehadiran Pegawai Pemkab Lampung Barat Capai 100 Persen

“Kita meyakini setiap pemimpin dan pemerintahan pada masanya mempunyai semangat untuk bersama- sama senantiasa bekerja keras dan bertekad membangun daerah tercinta ini ke arah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Barat,” kata dia.

Semangat inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menjadikan “Bangkit Bersama Menuju Lampung Barat Maju” sebagai tema Peringatan HUT ke-33 pada tahun 2024 ini.

“Filosofi dari tema tersebut dapat kita maknai sebagai semangat untuk berkerjasama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama demi kemajuan Lampung Barat yang sama-sama kita cintai,” tuturnya.

Nukman menyampaikan, memasuki tahun ke-2 (dua) kepemimpinannya dalam melaksanakan amanah selaku Penjabat Bupati Lampung Barat. Sampai dengan saat ini Perjalanan pemerintahan dan pembangunan telah banyak mengalami kemajuan walau diakui bersama masih banyak kondisi dan permasalahan yang muncul secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap dinamika kehidupan masyarakat.

“Selama kurang lebih satu tahun delapan Bulan dalam kepemimpinan saya, telah terlaksana Pembangunan Daerah dengan mengacu pada prinsip-
prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada Tujuan dan Sasaran pembangunan sebagaimana tertuang pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026,” ungkapnya.

Melihat Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023 sebesar 2,25% atau sebesar 4.272 jiwa. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami kenaikan sebesar 0,15% dimana pada tahun 2022 sebesar 2,10%. Sampai saat ini Sektor pertanian masih menyerap sekitar 80% tenaga kerja. Angka tersebut menjadikan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten dengan tingkat pengangguran terendah se-provinsi Lampung.

Kerja Keras secara gotong royong sangatlah penting. Hal tersebut telah dibuktikan dengan beberapa capaian Prestasi di Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2024, diantaranya:
1. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-14 (sebelas) kali secara berturut-turut;
2. Penghargaan Pelestarian Bahasa Daerah pada Mei 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek);
3. penghargaan Anugerah Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2024 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanaan RI;
4. Penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) tahun 2024 dari Kemeterian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI;
5. Rekomendasi terhadap Celugam dan Pepenyok sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek);
6. Dan baru-baru ini, Kabupaten Lampung Barat untuk ke-2 kalinya secara berturut-turut Kembali Mendapat penghargaan Apreasiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) Tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

BACA JUGA :   BPS Lampung Barat Gelar Pelatihan Baca Data Statistik

“Terkait dari keberhasilan tersebut saya menyampaikan untuk mengajak kepada semua pihak agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Menghindari tindakan-tindakan atau isu-isu tidak bertanggung jawab yang bernuansa politik maupun yang bersinggungan dengan Suku, Agama, Ras dan Golongan (SARA) yang dapat memecah belah, memicu permusuhan, pertikaian dan perbuatan anarkis yang mengganggu keamanan dan perekonomian masyarakat khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2024 ini,” ujarnya.(don)