Pemkab Pesawaran Gelar Festival Wisata Pesawaran 2023

970 views

PESAWARAN- Pemkab Pesawaran gelar Festival Wisata Pesawaran 2023.

Bertemakan Culture Celebrate, secara resmi dibuka Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, mewakili Gubernur Lampung, Bobby Irawan, di Pantai Ketapang Bahari, Desa Batu Menyan, Teluk Pandan, Sabtu (18/11/23)

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Ketua TP-PKK Kab. Pesawaran Nanda Indira Dendi berharap Festival tersebut dapat menyatukan berbagai komunitas dalam masyarakat dan sekaligus mempromosikan UMKM yang nantinya akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi  masyarakat, selaras dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. 

Kabupaten Pesawaran kata Dendi,
selain memiliki potensi wisata, juga memiliki potensi budaya yang memiliki beraneka ragam jenis, baik itu adat istiadat, seni tari, seni musik, kain tenun hingga makanan khas daerah. 

“Untuk memacu kreatifitas seni dan budaya di Kabupaten Pesawaran agar tetap terjaga dan lestari, gelaran Festival Wisata Pesawaran ini, merupakan salah satu solusinya,” ucap Dendi

Dikatakan Dendi, Festival dengan tema ”Culture Celebrate” merupakan  momentum awal dari satu bentuk dukungan Pemkab Pesawaran terhadap Program Karisma Even Nusantara (KEN) 2024 yang bertujuan mengangkat citra wisata Indonesia untuk menggerakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten setempat.

Juga ucap Dendi, festival ini dipastikan bisa memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga Kabupaten Pesawaran menjadi bumi wisata yang maju, makmur dan sejahtera.

” Saya berkeyakinan dengan terselenggaranya festival ini, merupakan momentum yang dapat memberikan kemajuan dan peningkatan tidak saja di segi jumlah wisatawan, tapi juga memacu peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya warga Pesawaran,” ungkapnya

Untuk itu sambungnya, sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak terkait, baik dari unsur Pemerintah, Akademisi, Pelaku Bisnis, Media, para Komunitas, serta Stakeholder, harus kompak dalam mewujudkan Pesawaran sebagai Bumi Wisata 2025.

BACA JUGA :   Wah! 82 Anggota DPR Disebut Terlibat Judi Online

” Insya Alloh tahun depan hotel bintang 5 dan resort yang ada di Kabupaten Pesawaran akan siap louncing. Saya berharap kepada Jajaran untuk menyiapkan sumber daya manuasianya untuk membantu dan menunjang kelancarannya,” harapnya.

Sejumlah momen dari Event Festival Wisata Pesawaran 2023 telah disiapkan diantaranya, akan menampilkan beberapa seni dan budaya yang telah berkalobarasi dengan masyarakat setempat dan sanggar dari Kabupaten Pesawaran. 

Seperti Ruwat Laut, Gitar Tunggal, Tari Seghampang 12, Tari Khatu Marga, Tari Kecah Pesisir, Tari Medley & Dance dan Drama Teatrikal Pejuangan Romusa.(rid)