Pilmapres 2022, Mahasiswa Harus Punya Capaian Unggulan

792 views

Bandar Lampung – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Universitas Lampung (Unila) kembali diadakan tahun ini di Aula Pertanian Unila, Jumar, 24 Juni 2022.

11 peserta terdiri dari 8 mahasiswa program sarjana dan 4 mahasiswa program diploma mengikuti kompetisi tahunan tersebut.

Ketua Pelaksana Pilmapres Drh. Madi Hartono, M.P., mengatakan, Pilmapres Unila adalah puncak peraihan prestasi mahasiswa.

Pada ajang kompetisi ini mahasiswa tidak hanya dinilai dari raihan prestasi di bidangnya tapi juga berbagai capaian lain yang diunggulkan selama berkuliah.

Adapun kriteria capaian-capaian unggulan yang menjadi penilaian juri di antaranya, keikutsertaan dalam kompetisi baik nasional maupun internasional, hasil karya, penghargaan, pengakuan, aktivitas di bidang kemahasiswaan, kemanusiaan, dan kewirausahaan.

Pentingnya poin capaian prestasi dalam pemilihan itu dibuktikan Vira Ayu Safila, pemenang Pilmapres Unila Kategori D3 tahun 2021.

Mahasiswi D3 Perpustakaan Unila angkatan 2019 tersebut berhasil meraih Peringkat ke-6 pada Pilmapres Tingkat Nasional tahun 2021 karena memiliki capaian unggulan yaitu hasil karya berupa buku.

“Alhamdullilah tahun 2021 pencapaian tertinggi selama ini di Bagian Kemahasiswaan Unila adalah mahasiswa D3 yang pada tahun lalu meraih peringkat 6 nasional dari FISIP. Capaian itu salah satunya karena Vira Ayu selama kuliah di Unila, bisa membuat lima buku dan memiliki HaKI,” ujar Drh. Madi.

Guna menyeleksi mahasiswa berprestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya, Bagian Kemahasiswaan Unila mengundang para dewan juri yang mempunyai berbagai pengalaman dan prestasi sebagai dosen terbaik ataupun mantan mahasiswa teladan.

Dewan juri yang hadir pada Pilmapres Unila 2022 yaitu Prof. Sutopo Hadi, M.Sc., Ph.D., dari FMIPA, Prof. Dr. Mahrinasari M.S., S.E., M.Sc., dari FEB, Arizka Warganegara, S.IP., M.A., Ph.D., dari FISIP, Irza Sukmana, S.T., M.T., Ph.D., dari Fakultas Teknik, dan Unang Mulkhan, M.B.A., Ph.D., dari FISIP.

BACA JUGA :   Unila Gelar Pilmapres untuk Program Sarjana dan Diploma 2023

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S., berharap dewan juri dapat menilai seksama kemampuan para calon mahasiswa berprestasi Unila dengan mengacu pada panduan yang ada.

Dengan demikian, mahasiswa berprestasi Unila dapat meraih peringkat yang lebih baik untuk Pilmapres di tingkat lebih tinggi.

“Mudah-mudahan kali ini kita bisa menghasilkan mahasiswa berprestasi Unila yang sangat unggul di tingkat wilayah dan juga unggul di tingkat pusat,” katanya saat membuka Pilmapres tahun 2022. (*)