Tanggamus Bagikan Bantuan Tunai Senilai Rp 600 ribu rupiah, Total Penerima Sebanyak 30.298 KK

806 views

Tanggamus – Bupati Tanggamus Dewi Handajani Melaunching Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun anggaran 2022 Melalui PT. Pos Indonesia di balai pertemuan Kecamatan Sumberejo, Rabu (23/02/22)

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanakan launching Bantuan Sosial Sembako Tunai atau BSST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu masyarakat penerima di Kabupaten Tanggamus seperti keluarga miskin, tidak mampu dan keluarga yang rentan terkena dampak Covid-19.

“Bantuan ini merupakan bantuan yang berasal dari Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Sosial RI yang disalurkan oleh Kantor Pos,” kata Dewi.

BSST yang dilakukan ini merupakan perubahan pola Program BPNT, yang semula E-Warung berganti menjadi Pola Tunai melalui Kantor Pos. Bantuan ini berupa uang tunai yang diberikan kepada KPM sebesar Rp.200.000,-/bulan yang akan dibagikan per 3 bulan, atau 4 kali dalam 1 tahun.

“Sehingga masing-masing KPM akan menerima total Rp.600.000,- yang diperuntukkan untuk dibelanjakan bahan kebutuhan pokok oleh KPM, sesuai kebutuhan masing-masing,” jelas bupati.

Ada pun data Penerima BSST di Tanggamus periode Januari – Maret 2022 Tahap 1 yang akan disalurkan secara total sebanyak 30.298 KPM. “Khususnya di Kecamatan Sumberejo ini sejumlah 969 KPM akan menerima BSST, yang secara simbolis kita berikan saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, terkait BSST ini, Pemerintah Daerah mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang telah melaksanakan Program BSST Secara Nasional.

“Kita ketahui, ada sekitar 18.8 Juta KPM yang akan menerima BSST ini, sedangkan untuk di Provinsi Lampung sebanyak 297.525 KPM,” ujarnya.

Dalam proses penyalurannya ini, masyarakat penerima cukup membawa KTP asli dan KK asli yang akan dicocokan oleh petugas di Kantor Pos dengan data daftar nominatif yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

BACA JUGA :   Inafis Polres Tanggamus dan Polsek Talang Padang Identifikasi Kebakaran 4 Kios

“Saya berpesan kepada seluruh keluarga penerima manfaat, setelah dana BSST ini diterima oleh bapak-ibu dan saudara penerima, agar uang tersebut dibelanjakan terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok atau sembako bagi keluarga, gunakan uang sehemat mungkin, sisanya bisa disimpan, untuk dipakai kembali nanti,” terangnya.

Sementara, Zulfadli selaku Kadis Sosial mengatakan, bahwa bagi masyarakat yang mendapatkan BPNT di tahun kemaren (2021) secara non tunai dan di tahun ini di ubah oleh kementerian pusat di bayarkan secara tunai dan pengambilannya melalui kantor pos terdekat tidak melalui pendamping.

“Dan pencairan BPNT tersebut di bayarkan 3 bulan sekali, artinya 4 kali dalam satu tahun,” terang Zul.

Hadir dalam launching BPNT tersebut Wakil Bupati H.am.syafi’i, kepala dinas sosial Zulfadli, kepala dinas ketahanan pangan Catur Agus Dewanto, Camat Sumberejo Pardi, Uspika kecamatan sumberejo masyarakat yang mendapatkan BPNT dan petugas Pos Bandar Lampung selaku koordinator kabupaten Tanggamus Therecia luh. (zim/feb)