Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Gondongan Akan Sembuh?

1,243 views

Gondongan adalah penyakit menular karena virus yang ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan dan mengunyah, serta pembekakan pada area pipi dan rahang. Ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh juga ditandai dengan kondisi bengkak yang berkurang.

Karena penyakit ini menyerang anak-anak dan tergolong menular, wajib waspada dengan berbagai penyebab gondongan, pengobatannya, hingga cara penularannya agar dapat mencegah secara optimal.

Gondongan sebenarnya dapat sembuh dengan konsumsi vitamin, pereda nyeri, dan istirahat yang cukup. Lalu, seperti apa ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh?

Ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh

Gejala gondongan biasanya muncul sekitar 2-3 minggu setelah terpapar virus. Namun, beberapa orang yang terinfeksi virus gondongan tidak memiliki tanda atau gejala apapun. Berikut ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh:

1. Lebih mudah membuka mulut

2. Sakit berkurang saat mengunyah atau menelan

3. Bengkak di sekitar pipi dan rahang berkurang

4. Berkurangnya rasa nyeri pada kelenjar ludah

5. Meredanya nyeri pada kepala dan otot

6. Tidak demam

7. Badan terasa lebih membaik

Lalu, bagaimana cara mengobati gondongan?

Umumnya, cara mengobati gondong akan tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan berapa lama pasien mengalami kondisi tersebut.

Karena virus, gondong biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan antibiotik untuk penanganannya. Yang bisa dilakukan adalah mengobati gejalanya agar lebih nyaman. 

Cobalah untuk minum air mineral yang banyak dan konsumsi makanan seperti bubur atau sup. Hindari makan dan minum asam karena bisa memicu kelenjar ludah terasa perih. Kompres dingin pada kelenjar yang bengkak dan rutinlah minum obat pereda nyeri dan penurun demam, seperti parasetamol atau ibuprofen. Beristirahatlah jika merasa lelah.

BACA JUGA :   Apakah Bullish Bitcoin Cycle Sudah Berakhir? Ini Fakta Menariknya

Cara mengobati gondongan dengan jahe

Ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh biasanya tidak lagi merasakan demam dan akan lebih mudah menelan makanan.

Jika tidak kunjung sembuh, juga bisa mengobati dengan bahan-bahan alami yang dapat membantu mengobati penyakit gondongan, salah satunya jahe.

Jahe merupakan salah satu obat gondongan alami karena memiliki sifat antivirus dan anti inflamasi yang ada di dalamnya. Selain itu, membantu meredakan nyeri secara alami.

Selain menambahkannya ke dalam makanan bersama sup, buatlah pasta jahe dan oleskan ke area pipi yang mengalami pembengkakan.

Adanya kandungan minyak atsiri dalam jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghangatkan tubuh, dan mengatasi risiko peradangan.

Jika ciri-ciri penyakit gondongan akan sembuh, gunakan semprotan herbal dari jahe yang dapat menjadi solusi mudah dan murah. Semprotan dari jahe juga ternyata berguna untuk mengobati penderita diabetes dalam meningkatkan air liur dan mengobati mulut keringnya.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda ingin menggunakan jahe untuk terapi atau pengobatan herbal.

Press Release ini juga tayang di VRITIMES