Penasehat DWP Pesibar Buka Pembinaan DWP UPTD Puskesmas Way Krui Dan Krui Selatan

718 views

Pesisir Barat – Penasehat Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Heri Agusnaeni, menghadiri sekaligus membuka kegiatan pembinaan DWP Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Way Krui dan Krui Selatan, di Puskesmas Way Krui, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Ketua DWP Pesibar, L. Liastuti Jon Edwar, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Suryadi, Kepala UPTD Puskesmas Way Krui dan Krui Selatan, dan jajaran pengurus DWP UPTD Puskesmas Way Krui dan Krui Selatan.

Ketua DWP, L. Liastuti Jon Edwar menyampaikan, untuk mencapai visi Pesibar yaitu terwujudnya Pesibar yang amanah, maju dan sejahtera, diperlukan kekompakan dan kerjasama semua pihak, termasuk DWP sebagai salah satu organisasi di Pemkab Pesibar. “Oleh karena itu, tujuan kegiatan hari ini adalah memperkuat silaturahmi dan memperkokoh persatuan dan kesatuan antar anggota dan pengurus, dan untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan terkait DWP. Selain itu, yang tidak kalah penting, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak seluruh pengurus dan anggota DWP untuk berperan aktif dan menyatukan langkah, turut membangun dan memajukan Pesibar,” kata Ketua DWP, L. Liastuti Jon Edwar.

Sebagai organisasi perempuan terbesar di Indonesia yang anggotanya terdiri dari istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ASN perempuan, peran DWP tidak bisa dianggap remeh untuk mendukung pembangunan. “Karenanya diharapkan seluruh pengurus dan anggota DWP untuk tetap semangat dan meningkatkan peran sertanya,” pungkas Ketua DWP, L. Liastuti Jon Edwar.

Sementara Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni, saat menyampaikan sambutannya menggarisbawahi terkait besarnya peranan seorang perempuan yang mempunyai peran multidimensi yang bukan sekedar sebagai pendamping, tetapi merupakan penggerak keluarga dan masyarakat. “Sebagai istri ASN, tentu dukungan pengurus DWP sangat dibutuhkan suami untuk mencapai kinerja yang optimal. Saya yakin, kiprah jajaran pengurus DWP memberi warna tersendiri bagi penyelenggaraan pembangunan di Pesibar,” tuturnya.

BACA JUGA :   Nasib Warga Way Haru, DPRD Pesibar Angkat Bicara

Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni juga menegaskan perempuan merupakan sosok yang merajut mimpi-mimpi pasangan dan cita-cita keluarganya. Artinya peranan perempuan mahaberat, namun dapat dijalani jika para perempuan juga saling menguatkan. Hal tersebut menjadi salah satu fungsi DWP yang memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan sumber daya anggota keluarga, saling mendukung dalam membina keluarga, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

“Karenanya saya mengajak seluruh pengurus dan anggota DWP untuk aktif dan proaktif, salah satunya dengan mencoba merefleksi, tentang apa yang sudah dilakukan oleh organisasi, kemudian cari referensi tentang apa yang bisa dilakukan. Sekecil apapun niat baik dan peran yang dilaksanakan, tentu mempunyai kontribusi pada Pesibar,” tegas Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni.

Dalam menjalankan tugasnya DWP tidak harus berdiri sendiri, namun selalu bermitra dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, organisasi-organisasi wanita dan lembaga masyarakat lainnya. “Untuk itu, mari ciptakan dan kembangkan sinergi yang baik dan saling menguatkan satu sama lain,” pinta Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni.

Dalam kesempatan itu juga, Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni mengingatkan agar sebagai istri ASN maupun ASN perempuan, anggota DWP harus bisa menjadi panutan bagi keluarga dan masyarakat. “Misalnya, sebagaimana dihimbau oleh bupati melalui surat edarannya, kita diharapkan untuk berperilaku hidup sederhana dan menjauhi flexing atau pamer harta, serta agar lebih peka terhadap isu-isu sosial.

“Kita harus menunjukan bahwa dalam mengelola organisasi kita harus memiliki kemampuan memimpin, keseimbangan, dan pengendalian diri, serta siap mengahadapi resiko, kita harus tunjukan bawa perempuan Pesibar, merupakan perempuan yang hebat, perempuan yang dapat diandalkan, sehingga nantinya organisasi yang dipimpin dan jalankan bersama-sama menjadi organisasi yang kuat dan mandiri,” tukas Penasehat DWP, Septi Heri Agusnaeni.

BACA JUGA :   Bupati Hadiri Rapat Paripurna DPRD Pesibar terkait Penyampaian Nota Pengantar Draf Perubahan KUA-PPAS 2023

Dalam momen itu juga diwarnai dengan penyerahan bantuan berupa sembako kepada empat orang balita dan empat orang lansia oleh Penasehat dan Ketua DWP Pesibar.(ys)