News  

Solarquest akan Menerangi Pulau Tiga Dusun di Maluku Tengah

762 views

Jakarta – Proyek revitalisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya( PLTS) Mikrogrid 75 kwp Pulau Tiga di Dusun Nusa, Desa Ureg Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah akan segera berjalan dan diharapkan bisa membantu penerangan warga setempat.

Project Manager PT Delta Mas Solusindo, Yasir Gunawan menyebutkan proyek revitalisasi PLTS merupakan kolaborasi program New Zealand – Maluku Accses to Renewbale Energy Support ( NZMates).

“PT DELTAMAS SOLUSINDO dipercayakan untuk mengerjakan proyek revitalisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya oleh salah satu foundations di negara Selandia Baru yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia. Kami mendapat kontrak pengerjaan selama satu tahun”, Ujar Yasir Gunawan kepada wartawan, Rabu, 22 Mei.

Senior Manager Pembangkitan PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Nyoman Satriadi Rai menyebutkan listrik PLN pertama kali masuk di Pulau Tiga, Kepulauan Maluku pada 2012.

Penunjukkan proyek revitalisasi PLTS ini diharapkan Nyoman bisa mengobati kekecewaan warga setempat yang saat ini terbatas dalam menikmati penerangan Hal ini disebabkan listrik yang ada menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel.

“PLN sempat beroperasi selama lima tahun kemudian mengalami gangguan, yang dilanjutkan dengan mengunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD). Kami berharap masyarakat Pulau Tiga bersama-sama menjaga dan merawat instalasi PLTS ini. Dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di berbagai sektor, “kata Nyoman.

 

BACA JUGA :   Anggota DPRD Lampung Ini Dorong Gubernur Lanjutkan Pembangunan Kota Baru