Tokoh Masyarakat Tubaba Hibahkan Tanah Untuk Kantor Koramil Tulang Bawang Udik

1,475 views

Tulang Bawang Barat – Tokoh masyarakat Satiri sekaligus kepala tiyuh (desa) Karta, kecamatan Tulang Bawang Udik, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) hibahkan tanah seluas 1000 meter persegi. Tanah hibah tersebut diperuntukan untuk calon kantor Koramil di kecamatan setempat. (Selasa, 07/05/2024)

Dikatakan satiri bahwasanya dirinya menghibahkan tanah seluas 1000 meter persegi merupakan keinginannya untuk mendukung kemajuan daerah. Dengan total secara keseluruhan tanah yang dibutuhkan oleh pihak Koramil 2500 meter persegi. Oleh karenanya pihaknya akan melakukan negosiasi dengan pemilik tanah yang berbatasan langsung dengan tanah miliknya tersebut.

Nampak hadir dalam acara peninjauan lokasi tanah yang akan dihibahkan tersebut yaitu camat Tulang Bawang Udik, Iwan Setiawan, S.H., M.H., danramil Tumijajar Kapten M.Latif, kapolsek Tumijajar Iptu Yessi, serta sejumlah kepala tiyuh yang ada di Tulang Bawang Udik.

Pemilik lahan atau pemberi hibah Satiri mengatakan, dirinya yang merupakan masyarakat tiyuh Karta sangat mendukung kemajuan daerahnya. Oleh karena itu dirinya rela menghibahkan tanah seluas 1000meter persegi tersebut untuk pembangunan bakal calon kantor Koramil.

Namun iapun berharap kepada aparat keamanan TNI dan POLRI untuk dapat memberikan perlindungan keamanan kepada masyarakat diwilayah kecamatan Tulang Bawang Udik.

“Saya selaku masyarakat tiyuh Karta, kecamatan Tulang Bawang Udik, Tubaba mendukung penuh untuk kemauan daerah. Saya hibahkan tanah saya seluas 1000meter persegi untuk kepentingan calon kantor koramil Tulang Bawang Udik. Saya berharap semuanya dapat berjalan dengan baik, dan saya berharap kepada TNI/ POLRI untuk dapat meningkatkan keamanan diwilayah Tulang Bawang Udik “Ujarnya Satiri.

Sementara camat Tulang Bawang Udik, Iwan Setiawan, S.H., M.H. menjelaskan bahwasanya pihak pemerintah kecamatan mendukung penuh atas adanya hibah tanah dari masyarakat untuk pembangunan calon Koramil tersebut.

BACA JUGA :   Condrowati Sosialisasikan Ideologi Pancasila di Karta Raharja

Dirinya akan segera berkoordinasi dengan pihak- pihak terkait untuk adanya penambahan luasan lahan calon kantor koramil yang secara keseluruhan mencapai 2500meter persegi yang saat ini baru ada gambaran hibah seluas 1000meter persegi.

Kemudian untuk kelengkapan secara admistrasi kepemilikan tanah menurut camat sudah jelas dan tidak ada permasalahan. Ia juga menjelaskan asal muasal kepemilikan tanah dari seseorang bernama sutan seimbang yang merupakan mantan kepala tiyuh Karta dan juga mantan anggota dewan.

“Saya selaku camat sangat mendukung adanya masyarakat yang akan melakukan hibah tanah untuk calon kantor koramil. Secara administrasi tidak ada kendala, surat kepemilikan tanah semuanya saya rasa sudah jelas. Surat kepemilikan sudah ada dan lengkap “ujarnya.

Saat di lokasi danramil Tumijajajr yang juga merangkap wilayah kerja kecamatan Tulang Bawang Udik, Kapten M.Latif didampingi Kapolsek Tumijajar AKP Yessi menjelaskan pihaknya menyambut baik adanya hibah yang diberikan masyarakat. Hal itu merupakan salah satu bentuk sinergisitas masyarakat untuk turut serta mendukung fungsi kerja TNI dalam bentuk menjaga toritorial wilayah kemanan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan pimpinan Dandim 0412 LU untuk melakukan tindaklanjutnya. Sebelumnya kami sudah koordinasikan juga dengan pimpinan, dan saat ini masih menunggu proses atas tindaklanjutnya itu. Untuk peningkatan kemanan seperti apa yang telah diutarakan masyarakat kami selaku TNI akan siap bekerja bersama POLRI untuk hal tersebut “Jelasnya Kapten M.Latif. (*)