Pemkab Lampung Tengah Sabet Penghargaan Debitur Terbaik Pinjaman Pemda 2022

2,759 views

BANDAR LAMPUNG- Sekretaris Daerah Lampung Tengah Nirlan terima penghargaan atas Kinerja debitur pinjaman pemerintah Tahun 2022.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Lampung Mohammad Dody Fachrudin menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut di aula Semergouw Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung, Selasa (7/11/23),

“Penghargaan ini menjadi modal yang bagus untuk pengembangan investasi di masa mendatang, capaian ini sangat membanggakan dan patut kita apresiasi,” ucap Dody

Lebih lanjut, ia menyampaikan beberapa harapan kepada seluruh jajaran Pemkab Lampung Tengah untuk terus meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan seluruh jajaran Kementerian Keuangan Lampung.

”Semakin sinergi kita pak sekda, semakin solid mendukung pembangunan ekonomi di wilayah bapak, dan pemda-pemda lain tentunya,” harap Dody dari keterangan tertulis yang diterima redaksi senator.id.

Selain itu, lanjut Dody, kinerja yang telah diapresiasi ini perlu terus dijaga, sehingga seluruh kewajiban sesuai perjanjian pinjaman dapat terus dilaksanakan dengan baik.

Untuk diketahui bahwa dalam rangka mempercepat proses pembangunan di daerah, salah satu sumber dana yang digunakan adalah dari pinjaman luar negeri yang kemudian diteruspinjamkan kepada Pemda/BUMD.

Pemkab Lampung Tengah merupakan salah satu pemerintah daerah yang memperoleh dana pinjaman dari loan The International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang diteruspinjamkan dengan perjanjian Nomor RDA-238/DP3/1996 yang diubah terakhir dengan Amandemen Nomor RPD-339/Eks.RDA-238/DP3/2021 senilai Rp 3,73 miliar.

Pinjaman tersebut digunakan dalam rangka pembiayaan proyek sistem penyediaan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Tengah yang telah selesai dibangun. Atas proyek ini, masyarakat Lampung Tengah telah merasakan langsung manfaatnya berupa terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat.

BACA JUGA :   Mardiana Musa Buka Lomba Dance ASKI di Nuwo Balak, Lamteng

Pelaksanaan pembiayaan yang disalurkan kepada Pemkab lampung Tengah, sesuai penilaian Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, khususnya Direktorat Sistem Manajemen Investasi dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Investasi, telah melakukan penilaian dari berbagai aspek dan menetapkan 24 Pemda sebagai debitur berkinerja terbaik se-Indonesia sesuai Surat Keputusan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Investasi nomor KEP-040/KPN.1210/2023 tanggal 13 Oktober 2023 tentang Penetapan Peringkat Dalam Rangka Penilaian Kinerja Debitur di lingkungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Investasi Tahun 2022. Pemkab Lampung Tengah yang hadir hari ini menjadi salah satu penerima penghargaan.

Bukan tanpa alasan penghargaan tersebut diberikan, dari aspek ketepatan waktu dan aspek ketepatan nilai pembayaran pinjaman, Pemkab Lampung Tengah dikategorikan sangat baik karena pembayaran pinjaman langsung lunas pada 28 April 2022, jauh lebih cepat sebelum Jatuh Tempo yaitu 31 Agustus 2023.

Pun demikian dengan lima aspek penilaian lainnya yakni pelaksanaan rekonsiliasi outstanding pinjaman, ketepatan waktu penyampaian kewajiban laporan yang tertuang dalam perjanjian pinjaman, jumlah perjanjian pinjaman per debitur, nilai outstanding pinjaman per debitur, dan terakhir pengenaan program restrukturisasi pinjaman per pinjaman.(rls/dit)