Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Pesawaran Gelar Pentas Busana Adat

1,344 views

PESAWARAN- Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Pesawaran menggelar pentas peragaan dengan mengenakan pakaian adat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Keraton Surakarta, dilaksanakan dihalaman depan kantor Pemkab setempat, Senin (30/10/23)

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tersebut, mengenakan pakaian adat, yang juga diikuti oleh semua pejabat dan istri di jajaran Pemkab setempat, yang juga  berbusana adat dari berbagai daerah di Indonesia, yang dilanjutkan gelaran lomba fashion show parade busana yang pesertanya, para pejabat dan istri di lingkup Pemkab setempat.

Dikesempatan itu Dendi mengatakan, pakaian tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjujung tinggi dan melestarikan tentang lambang keberagaman adat istiadat di nusantara. 

Dendi juga menambahkan berpakaian adat tersebut, sebagai bentuk dari amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, yang dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023, kali ini mengusung tema ” Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95. 

Dimana menurutnya, logo HSP yang bermakna Heterogenitas tersebut merupakan sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. 

“Logo yang membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya,” ucap Dendi. 

Dendi juga mengatakan pemerintahan telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia dalam mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. 

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” imbuhnya. 

Di sisi lain lanjut orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran itu, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. 

BACA JUGA :   PDIP Pesawaran Bagi-Bagin Masker

“Ditengah perkembangan teknologi dan arus informasi yang semakin pesat, para Pemuda diharapkan mampu menguasai hal tersebut dengan serius, dan harus memiliki visi dan misi, serta peran strategis untuk menghadapi masa depan sehingga pembangunan dapat berlari lebih cepat,” tandas bupati (rid)