Nanda Indira Buka Pelatihan Pemuda Penggerak Wirausaha Desa

1,375 views

PESAWARAN- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi buka  acara Pelatihan dan Dialog Pemuda Penggerak Wirausaha Desa.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh  Keluarga Besar KNPI Pesawaran, ditujukan sebagai salah satu upaya dalam  mempererat persaudaraan dan mewujudkan aksi nyata pemuda dalam membangun Kabupaten Pesawaran. 

Acara sendiri di laksanakan di Ekowisata Mangrove Cuku Nyi Nyi Desa Sidodadi Kec. Teluk Pandan, Kamis (08/06/23). 

Dalam sambutannya Nanda berharap kegiatan pelatihan dan dialog ini, dapat dijadikan kesempatan baik bagi para pemuda untuk meningkatkan wawasan dalam mengembangkan usaha. 

Dia juga berharap dengan mengusung tema “Pemuda Mandiri Desa sejahtera” KNPI dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan untuk menyongsong kemajuan di kabupaten setempat.

“Saya yakin Pemuda Pesawaran mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan, akan tetapi jika potensi tersebut tidak tergali dan tidak dilakukan pembinaan, yang terjadi adalah melemahnya semangat atau yang lebih buruk lagi ia menggunakan potensinya untuk hal-hal yang tidak baik,” ucap Nanda. 

” Saya katakan demikian karena kita menyadari, bahwa potensi Pesawaran sebenarnya tidaklah kecil, berbagai kerajinan/home industri sampai bidang pariwisata, pertanian, kehutanan, peternakan, pertambangan, kelautan, dan lain sebagainya semua tersedia dan sangat  menjanjikan untuk dikelola dan dikembangkan,” imbuh Nanda

Dikatakan Nanda,  Dia meminta kepada para pemuda untuk memanfaatkan berbagai peluang usaha dan kreativitas, yang dapat menghasilkan nilai ekonomis seperti kuliner, kriya, fashion, film dan fotografi.

“ Kalian Pemuda dapat mencoba usaha, dimula dengan upaya mengakses produk-produk makanan ringan, yang ada di kabupaten kita ini, seperti kopi,  keripik, dodol, coklat,” ujarnya

” Juga terhadap pengembangan kerajinan tangan, seperti tenun tapis,  sulam jelujur atau sulam khas Pesawaran atau  produk karya lainnya seperti furniture, kerajinan besi dan produk fashion berupa tas, sepatu serta aksesoris,” sambungnya 

BACA JUGA :   Hari Pertama Tak Ada Pendaftar Cabup dan Cawabup di KPU Pesawaran

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Pesawaran, Ketua DPD KNPI Kabupaten Pesawaran beserta jajaran, Camat Teluk Pandan beserta jajaran dan Para Narasumber. ( rid )