Di Agropark Lampung, Arinal Dorong Petani Sukseskan KPB

329 views

LAMPUNG SELATAN- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dorong para petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Lampung untuk sukseskan program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal saat membuka Rembuk Paripurna KTNA Provinsi Lampung di Kebun PKK Agropark, Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Sabtu (16/1/21).

Arinal mengatakan bahwa KTNA tidak terpisahkan dalam membangun pertanian yang maju, mandiri dan modern di Provinsi Lampung, dan harus ikut ambil bagian dalam kesuksesan KPB.

Melalui program ini permasalahan para petani juga terjawab.

“Para petani termasuk KTNA harus menjemput KPB, menjadi sandaran dan dibawa bersama KTNA,” ujar Gubernur Arinal yang juga pembina KTNA Provinsi Lampung.

Arinal menyebutkan melalui KPB, dirinya ingin seluruh petani untuk maju dan bangkit.

“Pertanian di Lampung harus bangkit, untuk itu KTNA menyuarakan hati para petani bersama-sama mengajak sukseskan KPB,” katanya.

Dikatakannya, lewat KPB, akan memberikan jaminan kepastian dalam usaha budidaya pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan).

Arinal menyebutkan seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan permodalan perbankan, koperasi, LKM, dan/atau akses keuangan lainnya yang sah.

Termasuk pembinaan manajemen usaha dan teknologi dalam bentuk pendampingan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil usaha pertanian melalui pasar dan/atau pembeli.

“Pertanian di Lampung harus melakukan banyak lompatan inovasi. Untuk itu, kebijakan pemerintah Provinsi Lampung memasuki revolusi industri 4.0 atau digitalisasi dibidang pertanian adalah melalui KPB,” ujarnya. (rls/dit)

BACA JUGA :   Antisipasi Dampak El Nino, Pemprov Lampung Pastikan Ketersediaan Pangan