Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Bawah Payudara Dekat Tulang Rusuk

922 views

Nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk dapat membuat khawatir dan penasaran, apakah kondisi ini berbahaya? Namun, penting untuk memahami bahwa nyeri dada bisa karena berbagai faktor dan tidak selalu berarti masalah jantung. 

Lalu, apa saja penyebabnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Penyebab nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk

Nyeri dada adalah sensasi tak nyaman atau sakit yang muncul di dada. Gejala ini meliputi rasa terbakar, tertekan, hingga tajam. Nyeri dada bisa karena berbagai kondisi medis, baik yang ringan maupun serius. Berikut penyebabnya:

1. Masalah jantung

Nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk bisa karena masalah pada jantung atau pembuluh darah. Salah satu penyebab umum adalah serangan jantung. 

Kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena pembuluh darah yang menyuplai darah terblokir. Hal ini sering kali dirasakan sebagai rasa sakit atau tekanan di area dada yang luas.

2. Gangguan pencernaan

Selain masalah jantung, gangguan pencernaan ternyata bisa memicu nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk. Salah satunya adalah penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

Selain GERD, hernia hiatus dapat menjadi penyebab nyeri dada di sebelah kiri. Hernia hiatus terjadi ketika sebagian perut berpindah ke lubang di otot diafragma yang seharusnya hanya untuk kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan menelan dan nyeri dada. 

3. Masalah paru-paru

Ada beragam kondisi lainnya yang bisa memicu nyeri dada sebelah kiri yang berkaitan dengan paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), radang paru-paru, pneumotoraks, hipertensi paru, hingga asma.

4. Gangguan pada tulang dan otot

Masalah pada tulang dan otot juga bisa menjadi penyebab nyeri dada di sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada ini, meskipun tidak melibatkan organ utama, tetap memerlukan perhatian medis.

BACA JUGA :   Pelatihan Public Speaking Bersama pembicara luar biasa Priska Sahanaya Dan Agatis di SD Holy Angels

5. Kondisi lainnya

Selain faktor-faktor sebelumnya, terdapat beberapa kondisi lain yang dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk, seperti herpes zoster, kanker paru-paru, hingga kehamilan. 

Nyeri dada sebelah kiri bawah payudara dekat tulang rusuk bisa menjadi tanda kondisi medis serius, terutama jika disertai dengan gejala seperti sesak napas. Penting untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami kondisi ini berkepanjangan. Temukan informasi seputar kesehatan lainnya di www.yoona.id/blog.

Press Release ini juga tayang di VRITIMES