BINUS International merespons kebutuhan industri di era digital dengan memperbarui program Ilmu Komunikasi menjadi **Creative Digital Communication**, yang mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) dalam strategi komunikasi. Program ini membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam **stakeholder management, strategi komunikasi, pengelolaan kampanye, dan otomatisasi layanan**, dengan dua peminatan utama: **Strategic Communication** dan **Entertainment Communication**. Mahasiswa juga berkesempatan mengikuti program **Double-Degree** di **Australia** melalui kemitraan dengan Queensland University of Technology dan Western Sydney University. Dengan kurikulum yang visioner dan berbasis industri, program ini memastikan lulusannya siap menghadapi tantangan komunikasi digital di masa depan.
Jakarta, 13 Februari 2025 – Menurut Laporan World Economic Report di tahun 2024 berjudul “Putting Skills First: Opportunities for Building Efficient and Equitable Labour Markets”, lebih dari 75% perusahaan global membutuhkan profesional yang mampu berkomunikasi secara efektif, menyusun strategi, dan beradaptasi dengan teknologi baru. Sebagai jawaban dari kebutuhan industri di era digital saat ini, BINUS International meluncurkan program Sarjana, Creative Digital Communication, sebuah perubahan dari program Communications yang telah berdiri sejak 2011. Program baru ini mempersiapkan mahasiswa dalam karir di bidang komunikasi strategis yang mampu mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (Artifical Intellegence – AI) untuk menjembatani inovasi kreatif dan penerapan praktis.
Program studi Creative Digital Communication membekali mahasiswa dengan pemahaman etis dan efektif tentang AI sehingga seluruh mata kuliah di program yang berada di bawah naungan School of Computing & Creative Arts ini akan memberi mahasiswa kesempatan untuk mengasah keterampilan dalam stakeholder management, strategi komunikasi, pengelolaan kampanye, dan otomatisasi layanan.
Di awal program, mahasiswa akan mempelajari sejumlah keterampilan dasar seperti digital storytelling dan pembuatan konten di berbagai anjungan digital sebelum mereka dapat memilih salah satu dari dua peminatan utama.
Pilihan pertama yaitu Strategic Communication diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin berkarier dalam bidang corporate communications, crisis management, digital PR, dan brand activation. Lalu, Entertainment Communication yang menitikberatkan penerapan ilmu komunikasi dan perencanaan acara dalam bidang hiburan, gaya hidup, dan olahraga. Selain itu, mahasiswa dapat mendalami mata kuliah terkait untuk mengembangkan keterampilan khusus sesuai dengan aspirasi karier mereka.
“Di BINUS International, kami berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi. Tujuan kami adalah membentuk mahasiswa menjadi agen perubahan di masa depan untuk memberdayakan masyarakat dan memajukan negara,” ujar Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, Rektor BINUS University.
Proses pembelajaran di program Creative Digital Communication tidak terbatas di dalam kelas. Sebab, program ini telah bermitra dengan Queensland University of Technology dan Western Sydney University, sehingga mahasiswa berkesempatan mengikuti program Double-Degree di Australia. Setelah lulus, mereka akan mendapatkan gelar Sarjana Komunikasi dari Indonesia dan yang berlaku secara internasional.
“Sebagai universitas kelas dunia, program kami unggul melalui kurikulum yang visioner. Kami memastikan mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan masa depan dengan tetap mengedepankan kreativitas dan memberikan kontribusi positif yang nyata sebagai praktisi bidang komunikasi,” ujar Dian Sarwono, M.A. selaku Kepala Program Creative Digital Communication.
Melalui kombinasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini serta banyaknya kesempatan enrichment di luar ruang kelas, program Creative Digital Communication memastikan setiap lulusan memiliki keahlian komunikasi, kreativitas, dan pemahaman AI yang sangat dibutuhkan ke depannya.
Press Release ini juga tayang di VRITIMES