Lintasarta Siaga Nataru 2024: Pastikan Stabilitas, Keamanan, dan Keandalan Layanan Digital di Libur Akhir Tahun

1,027 views

Jakarta, 30 Desember 2024 – Lintasarta menegaskan komitmen untuk memastikan stabilitas, keamanan, dan keandalan jaringan serta layanan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Komitmen ini diwujudkan dengan pengoperasian Command Center yang mengelola dan memantau seluruh infrastruktur jaringan komunikasi, cloud, dan cybersecurity untuk menjaga keandalan layanan pelanggan, khususnya yang bersentuhan dengan layanan kritikal masyarakat dan aplikasi di sektor strategis, seperti sektor keuangan perbankan dan non perbankan, transportasi, retail, distribusi, pemerintahan atau pelayanan publik, dan pariwisata.

Lintasarta telah mengantisipasi lonjakan
trafik data yang diperkirakan meningkat lebih dari 30% dibandingkan periode
yang sama tahun lalu, akibat tingginya mobilisasi masyarakat dan aktivitas
digital selama libur akhir tahun. Dengan mengimplementasikan infrastruktur
andal dan teknologi terkini, Lintasarta mendukung pemantauan layanan secara
real-time, memungkinkan pendeteksian anomali gangguan dengan cepat dan akurat,
analisis pola trafik yang lebih presisi, prediksi potensi kendala, hingga
rekomendasi solusi penanganan sebelum masalah berdampak lebih luas. Pendekatan
ini memastikan layanan operasional yang lebih efisien, aman, responsif, dan
andal, memberikan kenyamanan serta keamanan optimal bagi pelanggan.

Ginandjar,
Director & Chief Delivery and Operation Officer
Lintasarta,
mengungkapkan, “Kami berkomitmen untuk memastikan layanan digital yang andal
dan aman selama libur akhir tahun. Melalui pengelolaan proaktif di Command
Center,
Lintasarta menjamin kesiapan infrastruktur dan keamanan layanan
guna mendukung aktivitas digital pelanggan di berbagai sektor secara optimal.”

Kesiapan Lintasarta Dukung Kelancaran Aktifitas
Digital Pelanggan

Seperti diketahui, momen akir tahun terdapat
potensi kenaikan signifikan terhadap trafik internet dan komunikasi data karena
peningkatan aktifitas digital masyarakat dan perusahaan mengakses berbagai
layanan dan aplikasi yang berada di cloud. Menghadapi hal tersebut, Lintasarta
telah mengimplementasikan high-capacity backbone dengan kapasitas Nx400G
dan teknologi jaringan berlatensi rendah untuk koneksi internet domestik maupun
internasional. Didukung oleh sistem Operations Support System (OSS),
kualitas jaringan dan kepadatan trafik internet dapat dimonitor secara real-time,
memberikan visibilitas penuh terhadap performa jaringan.

Lebih lanjut, Lintasarta juga telah menerapkan
langkah-langkah preventif, seperti menganalisa pola trafik sebelumnya,
mengoptimalkan rute jaringan agar aliran data lancar dengan latensi rendah,
serta menyediakan jalur alternatif untuk mencegah terjadinya kemacetan (bottleneck) pada jaringan. Selain itu,
kapasitas jaringan juga ditingkatkan untuk mengakomodasi lonjakan trafik sehingga
memastikan layanan tetap andal dan berkualitas tinggi guna mendukung kebutuhan
digital masyarakat Indonesia selama periode liburan.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap
kualitas layanan, perusahaan juga meluncurkan inisiatif Lintasarta
Siaga”

mulai 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Lintasarta Siaga akan
mengoptimalkan operasional Command Center Lintasarta dengan
pengintegrasian operasional Network Operation Center (NOC), Security
Operation Center
(SOC) dan Cloud Operation Center (COC) untuk melakukan
pemantauan dan pengelolaan intensif selama 24/7 terhadap infrastruktur
jaringan, cloud, dan cybersecurity secara nasional, termasuk
mitigasi risiko yang mungkin muncul, seperti gangguan sistem, pemadaman
listrik, atau keadaan darurat lainnya.

Lintasarta juga memastikan keamanan data
pelanggan melalui penerapan teknologi penyimpanan dan cybersecurity
berstandar tinggi, di mana setiap akses diverifikasi dan diawasi secara ketat
untuk mengurangi risiko penyalahgunaan, sehingga data dipastikan terlindungi
dengan aman.
Dengan dukungan teknologi terkini dan tim ahli bersertifikat
di berbagai bidang, Lintasarta memastikan kelancaran aktivitas digital
pelanggan, memperkuat posisi sebagai pemimpin transformasi digital dan mitra
terpercaya bagi berbagai sektor industri di Indonesia.

“Libur akhir tahun merupakan waktu yang
sangat penting, di mana kebutuhan akan konektivitas, dan layanan digital
meningkat pesat. Lintasarta berkomitmen selalu memastikan seluruh jaringan dan
layanan tetap berfungsi dengan optimal dan terjaga keamanannya,” tutup Ginandjar.

Berbagai berita terbaru dan
informasi produk unggulan Lintasarta dapat dengan mudah diakses pada akun media
sosial Instagram @lintasarta.official dan LinkedIn @Lintasarta, serta situs
resmi www.lintasarta.net.  

–Selesai–

Press Release ini juga tayang di VRITIMES