HPN 2024, Forum Pemred SMSI Komitmen Perkuat Peran PERS Nasional

1,235 views

Jakarta – Forum Pemred Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat peran pers nasional menjelang perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Berbagai kegiatan telah dirancang, mulai dari pemberitaan di media, roadshow ke instansi pemerintah, hingga audiensi dengan sejumlah pihak strategis, termasuk kementerian terkait.

Dalam pertemuan yang digelar hari ini, Ketua Dewan Pembina Forum Pemred SMSI Firdaus, didampingi Ketua Forum Pemred SMSI Dar Edi Yoga, menegaskan pentingnya persiapan formal dalam rangka memperkuat hubungan dengan pemerintah dan memperluas jaringan kerja.

“Kita harus segera melakukan langkah-langkah konkret untuk memperkuat hubungan dengan pemerintah dan memperluas jaringan kerja. Surat-surat yang diperlukan harus segera dikirim untuk memastikan koordinasi yang baik antara Forum Pemred SMSI dan berbagai kementerian,” ujar Firdaus.

Ia juga menyoroti pentingnya komunikasi yang legal formal dengan para ketua Forum Pemred SMSI di daerah. “Dengan adanya komunikasi yang efektif, tentu dapat lebih mudah menyampaikan aspirasi dan kebutuhan anggota di berbagai daerah,” tambahnya.

Selain mempererat hubungan dengan pemerintah, Forum Pemred SMSI juga mempersiapkan berbagai program strategis. Program pendidikan, yang dikoordinasikan oleh Haresti, akan melibatkan pelatihan internal anggota, workshop untuk meningkatkan penggunaan media sosial, serta seminar dan webinar terkait perkembangan media digital.

Tidak hanya itu, Forum Pemred SMSI juga akan melaksanakan kegiatan sosial berupa pengabdian masyarakat dan dialog kebangsaan, yang menjadi bagian dari komitmen organisasi ini dalam memperkuat eksistensinya di tengah masyarakat.

Sebagai bagian dari perayaan HPN, Forum Pemred SMSI juga akan menggelar lomba penulisan dan fotografi, serta pameran yang menyoroti kontribusi pers dalam pembangunan bangsa. Selain itu, anggota Forum Pemred SMSI akan menulis bersama dalam proyek peluncuran buku untuk menandai pencapaian organisasi.

BACA JUGA :   Kalapas Kelas I Tangerang Tandatangani Pakta Integritas untuk Jadikan Lapas Terbaik di Banten

Salah satu kegiatan yang dinanti adalah diskusi tentang transportasi publik, yang dijadwalkan berlangsung pada 20 November 2024 di Hall Dewan Pers. Diskusi ini akan mengundang narasumber dari berbagai sektor, termasuk Dirjen Perhubungan Darat dan Laut, Kakorlantas, pengamat transportasi, Jasa Marga, dan Bappenas.

Acara ini dipimpin oleh Dar Edi Yoga sebagai penanggung jawab, dengan Rio Winto sebagai ketua panitia dan Hesti sebagai sekretaris.

Dengan serangkaian program tersebut, Forum Pemred SMSI terus berkomitmen menjaga integritas pers dan memperkuat peran media siber sebagai pilar demokrasi di Indonesia. (*)