Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan

536 views

Jumlah darah haid biasanya karena penggunaan alat kontrasepsi atau terdapat masalah kesehatan yang menyangkut rahim dan organ vital. Lalu, bagaimana jika mengalami haid yang berkepanjangan? Apakah ada cara menghentikan haid yang berkepanjangan?

Penyebab haid yang berkepanjangan

Sebelum mengetahui cara menghentikan haid berkepanjangan, ada baiknya mengetahui penyebabnya. Berikut beragam penyebabnya:

1. Ovulasi

2. Penggunaan  kontrasepsi seperti IUD

3. Masalah tiroid

4. PCOS

5. Endometriosis

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan

Haid berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan lainnya sehingga perlu diatasi dan dihentikan dengan cepat. Ada beberapa cara menghentikan haid dengan cara alami maupun bantuan medis, yaitu:

1. Hidrasi tubuh

Mengalami haid yang berkepanjangan dapat menyebabkan volume darah menjadi rendah. Minumlah 4-6 gelas air ekstra agar dapat menjaga volume darah tetap seimbang.

2. Konsumsi yang mengandung vitamin C

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan selanjuntya adalah dengan konsumsi vitamin C. Haid yang berkepanjangan memerlukan banyak asupan vitamin c yang dapat membantu menyerap zat besi dengan baik.

3. Suplemen yang kaya akan zat besi

Makanan yang kaya akan zat besi diperlukan untuk membantu haid yang berkepanjangan mendatangkan efek yang buruk untuk kesehatan.

Suplemen zat besi dapat menjadi alternatif untuk mengatasi haid yang berkepanjangan dan menambahkan kembali berbagai nutrisi yang hilang.

4. Konsumsi obat pereda nyeri 

Cara menghentikan haid yang berkepanjangan selanjutnya adalah dengan obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri dapat mengatasi gejala penyerta dari haid yang berkepanjangan.

Obat pereda ini sebaiknya dikonsumsi dengan resep dokter agar tetap aman untuk dikonsumsi.

5. Menggunakan KB

Metode pengendali kelahiran dapat mengurangi pendarahan hingga 60% dengan cara mencegah ovulasi dan menipiskan lapisan endometrium.

BACA JUGA :   BOEMI Botanicals Mempersembahkan Produk Alami Warisan Indonesia di Pameran Internasional Beauty Istanbul Exhibition 2024

Terdapat kombinasi dari hormon progesterone dan estrogen dalam pengendali kelahiran seperti pil KB yang dapat mengobati haid yang panjang akibat masalah pada rahim. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memilih terapi ini.

Apakah berbahaya jika haid terlalu lama?

Haid yang berkepanjangan dan mempunyai gejala berat yang menyertainya, tentu harus segera dikonsultasikan dengan dokter sehingga bisa menemukan cara menghentikan haid yang berkepanjangan tersebut. Segera konsultasi dan datangi dokter jika terjadi haid lebih dari 7 hari, pendarahan yang tidak dapat dijelaskan, hingga keputihan yang abnormal.

Haid yang lebih lama dan berat tentu menjadi tanda sebuah kondisi yang perlu segera diketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, maka tentu akan ada cara menghentikan haid yang berkepanjangan dengan tepat untuk dilakukan. Temukan informasi seputar kesehatan wanita lainnya di www.yoona.id/blog.

Press Release ini juga tayang di VRITIMES