Pj Gubernur Lampung Serahkan Penghargaan ke Pemenang Lomba Wana Lestari

1,035 views

BANDAR LAMPUNG- Pj. Gubernur Lampung Samsudin menyerahkan Penghargaan Pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 di Ruang Kerja Gubernur, Bandarlampung, Selasa (1/10/2024).

Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu.

Ada 8 kategori yang di selenggarakan pada lomba wana lestari yaitu Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kelompok Tani Hutan (KTH), Kader Konservasi Alam,Kelompok Pecinta Alam, Kelompok Masyarakat Pemegang Izin Hutan Kemasyarakatan (HKm), Pengelola Hutan Desa dan Pengelola Hutan Adat.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Lampung, Pj. Gubernur Samsudin mengungkapkan rasa bangga dan ucapan selamat kepada para pemenang lomba Wana Lestari ini.

“Tentu penghargaan ini menjadi bagian dari apa yang sudah sukses dari program kehutanan Provinsi Lampung, pembangunan kehutanan juga harus dijadikan prioritas,” ujarnya.

Samsudin berkomitmen untuk terus mengoptimalkan potensi-potensi hutan yang ada di Provinsi Lampung sama seperti halnya potensi laut yang ada di Lampung.

Selain itu, ia juag berpesan bahwa dalam hal pembangunan dan pelestarian hutan tidak boleh asal-asalan dan harus memperbaiki kondisi hutan yang sudah ada jangan sampai rusak.

“Bagaimana mengelola hutan itu sama dengan mengelola diri sendiri dan sumber daya nya sehingga pengoptimalan nya juga berdampak untuk masyarakat Lampung,” ujarnya.

Samsudin mengajak Dinas Kehutanan, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait untuk dapat berkontribusi melestarikan, mengoptimalkan serta menggali sumber daya yang sudah ada dan sumber daya yang belum ditemukan di dalam hutan Lampung.

Adapun nama-nama pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024, yakni :

BACA JUGA :   Reihana Sebut Pasien Covid-19 No 43 dan 44 Dari Malaysia dan Gowa

1. Supriyadi dari UPTD KPH Gunung Balak, Pemenang 1 Kategori Penyuluh Kehutanan PNS.

2. Ayuniara dari UPTD KPH Batu Serampok, Pemenang 2 Kategori Penyuluh Kehutanan PNS.

3. Subhan Damsir dari UPTD KPH Way Pisang, Pemenang 3 Kategori Penyuluh Kehutanan PNS.

4. Widyanto dari UPTD KPH Gunung Balak, Pemenang 1 Kategori PKSM.

5. Samsudin Seta dari UPTD KPH Sungai Buaya, Pemenang 2 Kategori PKSM.

6. Hasbuna dari UPTD KPH Pematang Neba, Pemenang 3 Kategori PKSM.

7. KTH Lestari Jaya, Pemenang 1 Kategori KTH.

8. KTH Maju Lancar, Pemenang 2 Kategori KTH.

9. KTH Muara Alam Lestari, Pemenang 3 Kategori KTH.

10. Gapoktan Sepakat Mandiri, Pemenang 1 Kategori Pemegang Izin HKm.

11. Gapoktan Hutan Tua, Pemenang 2 Kategori Pemegang Izin HKm.

12. LPHD Banding, Pemenang 1 Kategori Kelompok Pengelola Hutan Desa.(pim)