MAXY Academy Perkuat Komitmen di Pendidikan Melalui MBKM Fair Lampung: Blockchain untuk Sertifikasi Pendidikan

745 views

MAXY Academy berpartisipasi dalam MBKM Fair Lampung 2024 untuk memperkuat komitmen terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

MAXY Academy baru saja menghadiri acara MBKM Fair yang diselenggarakan oleh LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) wilayah Lampung pada 5 September 2024, di mana program MBKM Mandiri Fair diluncurkan. Acara yang berlangsung kemarin ini menjadi momen penting, dihadiri oleh dosen-dosen dari lebih dari 170 perguruan tinggi swasta di Indonesia, yang semuanya berkumpul untuk mendukung dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM Mandiri, sebagaimana telah diketahui, dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan praktis melalui berbagai kegiatan seperti magang, pertukaran pelajar, dan proyek independen.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program ini telah diikuti oleh ratusan ribu mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan dampak yang signifikan terhadap kesiapan mereka memasuki dunia kerja. Program ini tidak hanya mengasah kemampuan teknis, tetapi juga keterampilan seperti komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Bagi perguruan tinggi, MBKM membuka peluang untuk meningkatkan relevansi pendidikan dan membangun jaringan yang kuat dengan industri.

Acara MBKM Fair ini menyoroti sembilan program kegiatan utama dalam MBKM, yang meliputi pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, studi atau proyek independen, membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik, serta komponen cadangan (KOMCAD).

Pada kesempatan tersebut, CTO MAXY Academy, Andy Febrico Bintoro juga memaparkan mengenai pentingnya sertifikasi dan badges yang terhubung ke teknologi blockchain. “Sertifikasi dan badges yang terintegrasi dengan blockchain bukan hanya sekadar pengakuan atas pencapaian, tetapi juga menjadi alat penting dalam proses verifikasi dokumen penting seperti ijazah. Dengan adanya teknologi ini, proses verifikasi menjadi lebih cepat dan aman, sehingga memudahkan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri,” Ujar Andy.

BACA JUGA :   Tokocrypto Luncurkan Fitur Earn dan TKO Megadrop untuk Investasi Kripto Lebih Untung

Secara keseluruhan, partisipasi MAXY Academy dalam MBKM Mandiri Fair ini menegaskan komitmen kami untuk terus mendukung keberhasilan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dengan fokus pada peningkatan kompetensi, pengakuan keterampilan, dan relevansi pendidikan tinggi, kami yakin bahwa manfaat dari program ini akan dirasakan oleh seluruh ekosistem pendidikan di Indonesia.

Press Release ini juga tayang di VRITIMES