News, UTI  

Karya Mahasiswa dan Dosen UTI Tampil di MBKM Fair 2024

1,092 views

LAMPUNG- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LIDIKTI) Wilayah II menggelar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fair 2024 di Hotel Novotel Bandar Lampung selama dua hari, 5 – 6 September 2024

Kegiatan ini diikuti beberapa perguruan tinggi di lingkup kerja LLDIKTI wilayah II. Salahsatunya diikuti Universitas Teknokrat Indonesia.

Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M.Pd. Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Universitas Teknokrat Indonesia kepada Rilis ID mengatakan dalam MBKM Fair 2024 ini ada sejumlah hasil karya dosen hingga mahasiswa yang ditampilkan.

“Ya dalam kegiatan ini ada sejumlah hasil karya baik hasil karya dosen dan mahasiswa yang ditampilkan,” ujarnya.

Beberapa hasil karya yang ditampilkan diantaranya AUV krakatau mark II (autonomous underwater vehicle), ASV Krakatau 001(autonomous surface vessel), KRAKATAU ASHIBOT (robot kaki).

Kemudian Robot Arm, pesawat Siluman, Roket air, Mobil Gokart Balap dan Mobil Panel Surya. 

“Ada pula metavers berupa sekolah, museum. Jadi itu kita gunakan untuk pembelajaran,” katanya.

Sementara itu untuk teknologi robot, yang ikut ditampilkan berupa robot kapal selam, miniatur roket, dan juga pesawat. Universitas Teknokrat Indonesia juga mengembangkan mobil listrik yang konferensi dengan MBKM.

“Dengan adanya MBKM ini kita bisa memberikan contoh, prestasi mahasiswa bukan hanya di bangku perkuliahan saja. Tapi juga dengan proyek yang juga dikonversikan dalam mata kuliah,” katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, mengatakan MBKM Fair merupakan momentum penting bagi para kampus untuk dapat memperlihatkan karya terbaru.

“Kami juga berharap MBKM Fair 2024 diharapkan menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pencapaian terbaik dari berbagai institusi pendidikan tinggi, serta menjadi platform bagi perguruan tinggi untuk menjalin kemitraan strategis yang dapat mendukung keberlanjutan program MBKM,” tutupnya. (*)

BACA JUGA :   Pj Bupati Tubaba Resmi tetapkan Perda RTRW 2023-2043