Tim Riset UTI Kembangkan V Commerce dan Metaverse Perdagangan Virtual

1,128 views

LAMPUNG- Tim riset Universitas Teknokrat Indonesia melakukan kegiatan pengumpulan data penelitian ke UMKM Pusat Oleh-Oleh Askha Jaya.

Tim riset terdiri dari Dr. Ryan Randy Suryono, M.Kom. (Ketua Peneliti),  Defia Riski Anggraini, SE., M.Si. (anggota peneliti), Qadhli Jafar Adrian MIT (anggota peneliti), Yuri Rahmanto, M.Kom. (anggota peneliti), dibantu tim mahasiswa.

Pengumpulan data dibutuhkan untuk penelitian berbasis hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berjudul “Teknologi V-Commerce: Inovasi UMKM Berbasis Metaverse”.

Penelitian ini direncanakan menghasilkan arsitektur metaverse untuk inovasi perdagangan berbasis virtual.

Dalam kegiatan ini, pemilik Askha Jaya, Aska, menyambut baik pengumpulan data ini. Ia mendukung penuh untuk riset yang kemanfaatannya akan dirasakan nanti.

Selain itu, Aska juga berkesempatan mencoba teknologi metaverse dengan virtual reality headset. Demikian pula Raushan, manajer Askha Jaya, yang ikut mencoba teknologi metaverse.

Tim riset mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Pembina Yayasan, Ketua Yayasan, dan Wakil Rektor yang selalu mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Teknokrat Indonesia.

Dr. Ryan Randy Suryono, M.Kom berharap riset ini berjalan lancar dan menghasilkan arsitektur metaverse untuk inovasi perdagangan berbasis virtual.

Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. memberikan apresiasi terhadap riset dari hibah kementerian ini. Ia berpesan agar pelaksanaan riset mesti sungguh-sungguh. Tujuannya, hasil riset ini benar-benar aplikatif dan mampu membantu dunia usaha.

Kata Mahathir, perkembangan teknologi mesti dimanfaatkan kalangan usaha khususnya UMKM untuk menghasilkan produk dan jasa yang prima.

Selain itu, dari sisi marketing juga ramah digital sehingga mampu menyasar pangsa pasar yang lebih luas. (*)

BACA JUGA :   (Survei SPI) Lampung Rentan Korupsi, Perlu Konsistensi Pencegahan