Unila  

Rektor Unila Pimpin Upacara HUT RI ke-79

1,298 views

Bandar Lampung – Tanggal 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sejak tahun 1945, tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia, buah perjuangan dari tercinta para penjajah.

Pada tahun 2024, bangsa Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema ini dipilih karena pada tahun ini ada tiga momen penting bagi negara Indonesia, yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian presiden, serta upaya menuju Indonesia Emas 2045.

Universitas Lampung ( Unila ) sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia merayakan HUT ke-79 RI dengan upacara bendera. Suasana upacara perayaan HUT ke-79 RI berjalan dengan hikmat. Upacara diikuti sivitas akademika Unila di Lapangan Sepak Bola Unila pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara dipimpin langsung Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng. Dalam amanatnya, ia membacakan Berbagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Rektor Unila menyampaikan, masyarakat Indonesia perlu melanjutkan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan memajukan bangsa Indonesia. “Untuk itu, mari terus kuatkan tekad dan langkah perjuangan kita untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” pesannya.

Selain untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, upacara hari ini menjadi panggung penghargaan bagi pelajar-mahasiswi berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Para mahasiswa berprestasi diundang secara khusus untuk menerima penghargaan langsung oleh Rektor Unila.

Apresiasi secara simbolis diterima enam mahasiswa berprestasi. Dua mahasiswa berprestasi di antaranya adalah Puspita Chandra Kusumadevi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berhasil meraih juara 1 Organisè Par Le Comité De La Fête 2024 De L’Université D’etat De Yogyakarta Portant Le Théme “Une Odyssée Fantastique” tingkat nasional, dan Hanif Dinanda Putra dari Ilmu Sosial dan Politik, juara 1 Olimpiade Sosiologi “Kompetisi Artikel dan Video Internasional” tingkat internasional.

BACA JUGA :   Unila Gelar Tes Pascasarjana Gelombang Dua

Apresiasi terhadap mahasiswa prestasi dilakukan sebagai bentuk terima kasih karena telah mengharumkan nama Unila dan Provinsi Lampung di kancah nasional maupun internasional. Selain itu, penghargaan ini diharapkan dapat mendorong para mahasiswa untuk semakin berprestasi di masa mendatang.

Pelaksanaan upacara tampak semakin meriah dengan pakaian adat daerah yang dikenakan oleh para sivitas akademika. Pakaian adat yang dikenakan pun tidak hanya pakaian adat Provinsi Lampung, tetapi dari berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa, Bali, dan Padang.

Apresiasi pun juga diberikan kepada sivitas akademika yang mengenakan pakaian adat terbaik saat upacara berlangsung.

Upacara perayaan HUT ke-79 RI berjalan lancar. Perayaan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bagi seluruh sivitas akademika Unila. (*)