Unila  

Mahasiswa Unila Hadirkan Inovasi Produk “Snack Bar” Bantu Cegah Kanker

607 views

Bandar Lampung – Kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya di Indonesia. Adapun beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit kanker saat ini adalah pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food serta berbagai cemilan makanan yang sudah membudaya di masyarakat.

Kesehatan dalam menciptakan pola hidup sehat menjadi salah satu hal yang masih dianggap sepele oleh masyarakat, termasuk dalam hal menjaga pola makan. Akibatnya timbul berbagai masalah akibat mengkonsumsi makanan tanpa komposisi dan takaran saji yang harus dibatasi.

Masalah tersebut juga dialami oleh beberapa para remaja dan mahasiswi yang merasa kesulitan dalam menentukan produk makanan yang sehat namun tetap praktis dan enak untuk dikonsumsi.

Berbagai masalah yang keresahan tadi membuat para mahasiswi Universitas Lampung (Unila) termotivasi untuk menciptakan inovasi produk makanan dalam bentuk Sncak bar untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh.

Produk makanan tersebut diberi nama sesuai dengan nama tim mereka, yaitu Sigmafo. Produk Sncak bar ini tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan yang baik, tetapi juga menyajikan rasa yang unik.

Para mahasiswi tersebut berasal dari Fakultas Pertanian (FP) Unila diantaranya yakni Annisa Yasmine Aulia, Dea Fatma Imelia, Nova Adelia, Siti Elbi Zelita, dan Annisa Tamara Panjaitan. Mahasiswa tim Sigmafo berada di bawah bimbingan dosen Esa Ghanim Fadhallah, S.Pi., M.Si.

Snack bar Sigmafo dibuat dari tepung sorgum dan bubuk Centella Asiatica yang antioksidan tinggi, memiliki khasiat sebagai pencegah kanker. Tepung sorgum yang tinggi serat dan bebas gluten juga sangat baik untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, Snack bar ini juga menggunakan kurma sebagai pemanis alami dengan indeks glikemik lebih rendah daripada gula buatan. Kemudian juga terdapat kandungan biji labu kuning sebagai sumber protein dan kismis, sehingga produk Snack bar ini bisa menjadi pilihan produk makanan yang sehat.

BACA JUGA :   Unila Kirim Lima Mahasiswa Terbaik untuk Program KKN Kebangsaan Kalimantan Barat

Annisa Yasmine Aulia, selaku anggota dari tim Sigmafo juga menjelaskan terkait kunci keberhasilan dan keunggulan produk snack bar dari sorgum dan centella asiatica saat diciptakan dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K).

“Saat pengajuan proposal PKM, terdapat aturan-aturan khusus yang harus dipenuhi, dan hal tersebut menjadi perhatian kami untuk menyesuaikan proposal produk kami dengan aturan yang ada, serta bimbingan dari dosen pendamping. Ide terbaru dan dampak dari ide PKM itu juga jadi kunci agar proposal kita bisa terlihat menarik dan memperbesar peluang untuk lolos.” ujar mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian ini saat diwawancarai melalui Whatsapp pada Jumat,09 Agustus 2024

Anggita juga memaparkan, dalam tahapan pembuatan produk snack bar ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan, mulai dari pembuatan adonan, proses pencetakan, pemanggangan, pendinginan, hingga pengemasan produk. Satu kemasan produk Sigmafo 6 bites snack bar dengan porsi yang cukup untuk mengganjal terdapat lapar sehingga dapat mengurangi konsumsi junk food.

Dilaporkan dari akun instagram @sigmafo.id, terdapat bahan-bahan lain yang menjadi pendukung dalam pembuatan produk snack bar ini diantaranya yaitu tepung mocaf, sea salt, susu bubuk, bubuk kayu manis, vanilla paste, dan margarin.

Selain sebagai produk preventif mencegah kanker, salah satu kunci dalam produk snack bar ini juga telah melalui uji laboratorium untuk kandungan antioksidan dan memperoleh hasil yang cukup tinggi, dengan rata-rata penghambatan mencapai 63 persen untuk kandungan antioksidannya.

Tim PKM-K Sigmafo juga menjelaskan terkait hasil atau output pada produk mereka, diantaranya yakni produk dalam bentuk snack bar, media sosial instagram sebagai sarana pemasaran, logbook kegiatan, laporan keuangan, laporan kemajuan, akhir laporan serta luaran tambahan berupa Nomor Induk Berusaha (NIB ), video profil produk usaha, publikasi, dan kerjasama dengan berbagai mitra.

BACA JUGA :   Unila Gelar LCT Bidang IPS Siswa SMA

“Motivasi kami dalam pembuatan produk snack bar ini tentunya untuk mengemban amanah yang memberikan manfaat dan dampak baik kepada orang-orang, termasuk dalam aspek kesehatan dan makanan. Bimbingan dari dosen dan juga dukungan dari seluruh pihak. “ ujar Annisa

Bagi tim Charsoap, semua pihak dapat lebih waspada terhadap faktor-faktor penyebab kanker dengan lebih memperhatikan pola makan yang sehat. Kehadiran produk snack bar ini diharapkan dapat membantu menurunkan angka penderita kanker di Indonesia. Tampaknya tentunya lebih baik daripada mengobati. Sigmafo Snack bar untuk kehidupan yang lebih baik. (*)

Artikel ini telah tayang di website Unila.ac.id