News, UTI  

Mantap Jiwa! Mahasiswa UTI Sabet Medali Emas di Kompetisi Internasional DIIID 2024

1,092 views

LAMPUNG- Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Komputer bekerja sama dengan Program Studi S1 Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia berhasil meraih Gold Medal di Kompetisi Internasional Digitalised International Invention, Innovation & Design (6th DIIID) Universiti Teknologi Mara Cawang Johor 2024.

Medali emas itu dalam kategori “Science & Technology: Tertiary” dengan teknologi yang dilombakan “Implementation of Smart Irrigation Based on AI and IoT to Increase Water Use Efficiency in South Lampung Farmer Group Chili Plantations.”

Perjalanan menuju prestasi ini penuh tantangan dan dedikasi. Tim yang terdiri dari: 

1. Dian Tri Saputra – S1 Teknik Komputer 

2. Rezi Dwi Agustian – S1 Teknik Komputer 

3. Chafidz Asyad – S1 Teknik Komputer 

4. Abbiyu Akbar Fikri – S1 Sastra Inggris 

Di bawah bimbingan Dosen Styawati S.T., M.Cs. dan Ridwan Mahenra, S.Kom., M.C.S.(AI), bekerja keras selama berbulan-bulan untuk mengembangkan sistem irigasi pintar berbasis AI dan IoT.

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air di lahan cabai kelompok tani di Lampung Selatan. Mulai tahap penelitian, pengembangan, hingga pengujian lapangan, semua dilakukan dengan teliti dan penuh semangat untuk menciptakan solusi yang inovatif dan aplikatif.

Kompetisi ini diikuti oleh berbagai universitas ternama dari dalam dan luar negeri, di antaranya:

1. Universitas Teknokrat Indonesia

2. Universiti Teknikal Malaysia Malaka

3. Urmia University/ Faculty of Chemistry

4. Universiti Teknologi MARA

5. Politeknik Sultan Haji Ahmad Shah

6. Universitas Negeri Padang

7. Universitas Lampung

8. Universitas Jambi

Setiap tim mempresentasikan inovasi terbaik mereka di hadapan juri yang terdiri dari para ahli di bidang sains dan teknologi.

Persaingan yang ketat dan penilaian yang mendalam menjadikan kompetisi ini sangat menantang. Namun, melalui kerja keras dan inovasi yang ditunjukkan, tim Universitas Teknokrat Indonesia berhasil meraih penghargaan tertinggi.

BACA JUGA :   Ini Besaran Suku Bunga Dasar Kredit Bank Lampung Periode Oktober 2023

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Universitas Teknokrat Indonesia mampu bersaing di kancah internasional dengan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Teknokrat, Rektor, Wakil Rektor, Dekan FTIK, serta para dosen atas dukungan dan motivasi yang diberikan. Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa kerja keras, kolaborasi, dan inovasi dapat membawa kita ke puncak keberhasilan,” jelas Dosen Pembimbing, Styawati S.T., M.Cs. (rls)