Unila  

Unila Gelar Ekspedisi Replantasi Mangrove dalam Peringatan Hari Mangrove Sedunia

597 views

Bandar Lampung – Universitas Lampung ( Unila ) melaksanakan ekspedisi replantasi mangrove di Ekowisata Mangrove Cukunyinyi, Desa Sidodadi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Minggu, 28 Juli 2024.

Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia yang dipimpin Dr. Ahmad Herison, ST, MT, dari Program Studi Teknik Sipil Unila.

Kegitan tersebut dihadiri Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., Ketua LPPM, Dekan Fakultas Teknik, serta Kepala Kelurahan Desa Sidodadi, mahasiswa teknik sipil, dan warga setempat.

Replantasi mangrove dilakukan dengan metode pembuatan pot atau gulutan dari bambu yang masing-masing diisi 20 hingga 25 bibit mangrove. Unila menyumbangkan 50 gulutan untuk ditanam di kawasan Ekowisata Mangrove Cukunyinyi.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengatasi kerusakan lingkungan dan mendukung ekologis di daerah tersebut.

Selain pemasangan mangrove, tim pengabdi membangun jalur tracking untuk mempermudah pengunjung mengamati proses penanaman dan pertumbuhan mangrove.

Jalur ini diharapkan berfungsi sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dan wisatawan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya mangrove bagi ekosistem pesisir.

Kegiatan ini memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Desa Sidodadi dengan potensi peningkatan ekonomi melalui ekowisata. Pengelolaan yang baik diharapkan dapat mendukung konservasi mangrove sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ekspedisi replantasi mangrove ini tidak hanya merayakan Hari Mangrove Sedunia tetapi juga menunjukkan kolaborasi antara sejarawan, pemerintah, dan masyarakat menghasilkan dalam inisiatif yang berdampak positif.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi daerah lain untuk melakukan upaya serupa dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memajukan ekowisata lokal. (*)

BACA JUGA :   Unila dan Asosiasi Pati Tapioka Thailand Bahas Perpanjangan Kerja Sama