Gantikan Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin Didaulat Jadi Ketua KPU RI Definitif

1,650 views

JAKARTA- Mochammad Afifudin didaulat jadi Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy’ari. Keputusan ini disepakati oleh para komisioner KPU RI saat menggelar rapat pleno di Jakarta, Minggu (28/7/24).

Untuk mengingatkan, pada Rabu (3/7/274) Hasyim Asy’ari dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) lantaran tersangkut kasus asusila dengan salah satu wanita Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Denhaag, Belanda.

“Hari ini karena kebutuhan organisasi, kami melaksanakan rapat pleno secara lengkap yang dihadiri enam pimpinan KPU RI,” ujar Anggota KPU RI August Mellaz di Gedung KPU RI.

Dia mengatakan penetapan itu dilakukan mengingat kebutuhan-kebutuhan serta tanggung jawab organisasi dalam beberapa waktu ke depan.

Sebelumnya, Afifuddin yang menjabat anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua KPU RI.

Afifuddin akan menjalankan tugasnya hingga tahun 2027.

Sebelumnya, KPU RI memutuskan untuk menunjuk anggota Divisi Hukum dan Pengawasan Mochammad Afifuddin sebagai Pelaksana Tugas Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy’ari yang dijatuhi sanksi pemberhentian oleh DKPP.

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat pleno tertutup yang dilakukan KPU RI di Jakarta, Kamis (4/7/24). (ant/dim)

BACA JUGA :   Pelantikan Presiden, Bamsoet Ajak Rakyat Bahagia