Camat Metro Utara Komitmen Tingkatkan Efisiensi dan Kecepatan Proses Pelayanan Publik

649 views

Kota Metro – Berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang signifikan kepada masyarakat, Camatan Metro Utara menegaskan tekadnya untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam proses pelayanan publik di wilayah Kecamatan Metro Utara.

Kecamatan Metro Utara yang memiliki 4 kelurahan menurutnya memiliki tanggungjawab yang besar dalam memberikan pelayanan yang responsif dan efektif kepada masyarakat, melalui koordinasi yang baik antara kecamatan dan kelurahan untuk merespons setiap permintaan, keluhan, atau kebutuhan masyarakat dengan cepat dan tepat.

“Pencapaian di Kecamatan Metro Utara ini sangat signifikan untuk pelayanan terhadap masyarakat, yang pertama adalah pembuatan kartu keluarga, KTP, dan NA dengan memberikan dispensasi untuk proses yang cepat, ” ujarnya.

Menurut Heri Hendarto, efektifitas dalam pelayanan publik juga menjadi kunci penting dalam memastikan bahwa setiap program atau layanan yang disediakan oleh kecamatan dan kelurahan dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

“Kami juga sampaikan kepada petugas pelayanan masyarakat, untuk selalu ready selama jam kerja,” ungkapnya.

Dalam hal pelayanan di Bidang Kesehatan, sebagai Camat dirinya juga selalu melakukan berkoordinasi dengan Puskesmas dan Lurah dengan menggalakkan Program GELIAT (Gerakan Lingkungan Masyarakat Bersih dan Sehat) yang diinisiasi oleh Wali Kota Metro untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan.

“Kami turun ke masyarakat setiap hari Jumat dengan melakukan pemantau agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, “terangnya,

Terutama, saat musim hujan yang dapat memicu peningkatan risiko penularan penyakit yang dibawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah.

“Dengan melakukan JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) nyamuk di tiap masing-masing keluarga, kita berharap dapat mengendalikan populasi jentik nyamuk di setiap rumah tangga, “harapnya.

Selain melakukan Jumantik, Kecamatan Metro Utara juga gencar melakukan sosialisasikan kepada masyarakat sebagai bentuk pencegahan melalui rapat dan koordinasi.

BACA JUGA :   GML Metro Kembali Bagikan Sembako Jum'at Berkah di 2 Kelurahan

“Kami juga mengadakan lokakarya mini di kantor kecamatan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terkait isu stunting bersama Dinas PPPAPPKB Kota Metro dengan melakukan DokMin terkait stunting, “terangnya.

Harapannya, melalui berbagai upaya yang telah dilakukan, tekad Kecamatan Metro Utara dalam menuntaskan masalah stunting dapat tercapai. “Sehingga tidak ada lagi anak-anak bayi yang mengalami kurang gizi atau gizi buruk, “

Rencana untuk mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) telah disusun dengan matang di Kecamatan Metro Utara. Dalam rapat yang telah dilaksanakan di Puskesmas Purwosari, dihadiri oleh 22 Kelurahan, kabinkamtibnas, babinsa, RT RW, serta berbagai pihak terkait lainnya, bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan PIN yang akan dimulai dari tanggal 23 hingga 29.

Kecamatan Metro Utara, juga turut berperan dalam mensukseskan PIN (Pekan Imunisasi Nasional). “Tadi kami rapat di Puskesmas Purwosari menghadirkan menghadirkan 2 Kelurahan, Kabinkamtibnas, Babinsa, RT/RW untuk mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional yang akan dimulai dari tanggal 23 selama seminggu sampai tanggal 29. Saya ingin sekali untuk meter Utara ini harus dari anak yang terkena polio, “jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Basuki mengungkapkan bahwa Kecamatan Metro juga terus mendorong peran serta anak-anak muda untuk turut berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan pemerintah, khususnya yang ada di Kecamatan.

Salah satunya, dengan melibatkan mereka dalam keciatan Lomba Cerdas Cermat KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang diadakan oleh Dinas Kominfo Kota Metro, dan berhasil membawa Kecamatan Kota Metro meraih juara 1 pada ajang tersebut.

“Tujuan kita sih memberdayakan anak-anak muda supaya ikut dalam berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di pemerintah, terutama yang ada di kecamatan dengan memberiksn ruang space bagi mereka untuk berkiprah,” bebernya.

BACA JUGA :   Arinal Hadiri Pengajian Akbar di Metro

Apalagi hal tersebut, didukung kuat oleh Karang Taruna yang merupakan anak-anak muda di Kecamatan Metro Utara yang aktif berpartisipasi dan berinisiatif dalam memberikan gagasan.

“Untuk Karang Taruna di Metro Utara khususnya sangat aktif sekali dan sudah berjalan yaitu Kampung Dolanan yang digagas oleh karang taruna yang mau dijadikan kegiatan, terutama di kecamatan Metro Utara, “tuturnya, (*)