Wakil Walikota Metro Buka FORTASI SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Pelajaran 2024/2025

615 views

Kota Metro – Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, membuka Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Pelajaran 2024/2025, yang berlangsung di SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan pada Senin (15/07/2024).

Dalam sambutannya, Qomaru Zaman menyambut baik kegiatan pembukaan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Pelajaran 2024/2025, dalam rangka memperkenalkan dan memberikan edukasi kepada pelajar. Menurutnya juga nantinya para pelajar diharapkan dapat menjadi penerus kader-kader Muhammadiyah yang bersemangat dan berkemajuan.

“Hari ini saya hadir memenuhi undangan dari kepala sekolah SMA Ahmad Dahlan Kota Metro, yang tentu saja Pemerintah Kota Metro sangat berterimakasih dengan hadirnya SMA Ahmad Dahlan untuk menguatkan di Metro Selatan ini,” katanya.

Selanjutnya, Qomaru mengatakan bahwa pendidikan merupakan sarana strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa. Telah banyak praktik pendidikan yang dikembangkan oleh sekolah, namun masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan untuk memastikan agar proses pendidikan dan pembelajaran berjalan dan berkesinambungan.

“Pendidikan karakter menurut pandangan Islam adalah usaha sadar yang dilakukan pendidik kepada peserta didik untuk membentuk kepribadian peserta didik yang mengajarkan dan membentuk moral, etika, dan rasa berbudaya, yang baik serta berakhlak mulia, dengan menumbuhkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik dan buruk. Serta mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan cara melakukan pendidikan, pengajaran, bimbingan dan pelatihan yang berpedoman pada al-Quran dan as-Sunnah,” papar Qomaru.

Masih apada kesempatan yang sama, Qomaru juga menegaskan sebagai umat Islam, berkewajiban untuk menyiapkan kader generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sebenar-benarnya.

“Dengan visi misi yang dimiliki oleh SMA Ahmad Dahlan saat ini, bisa di artikan bahwa Kepala sekolah bertanggung jawab untuk mendesain sekolah ini menjadi sekolah yang punya nilai yang luar biasa. Bukan hanya untuk perserikatan Muhammadiyah, tapi untuk Kota Metro dan bahkan mungkin untuk negera ini,” harapnya.

BACA JUGA :   DPRD Metro Akan Akan Teruskan Aspirasi Mahasiswa lewat Fraksi

Lanjutnya, Qomaru berkeinginan bahwa kedepannya SMA Ahmad Dahlan menjadi bagian pelengkap penyempurna tentang keberadaan pendidikan Kota Metro yang menjadi kota pendidikan.

Dimana menurutnya saat ini tantangan global semakin hebat, persaingan semakin ketat. Untuk itu Qomaru mengajak peserta yang hadir bersama-sama meningkatkan kualitas diri masing-masing untuk menghadapi perkembangan zaman dan menjadi manusia yang memiliki intelektualitas dan akhlak yang baik.

“Mari kita senantiasa berupaya menggali berbagai keunggulan yang potensial, guna membangun generasi bangsa masa depan yang berakhlak kul karim serta sebagai upaya untuk mewujudkan Visi Kota Metro terwujudnya Kota Metro berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Alex Kurniawan sebagai Kepala Sekolah SMA Ahmad Dahlan, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Walikota mewakili Pemerintah Kota Metro untuk hadir dan membuka kegiatan FORTASI hari ini.

“Hari ini merupakan energi yang luar biasa dengan harapan kami di tahun ini membawa tema Pelajar Peduli Lestari Bumi , maka mudah- mudahan FORTASI tahun inimelahirkan generasi yang peduli lingkungan sukses, unggul dan berkemajuan”, ujarnya.

Pada kesempatan ini juga Alex Kurniawan , menjelaskan bahwa tahun ini kami buka untuk 200 siswa, akan tetapi minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah ini melampaui target, maka yang kami terima adalah 250 siswa.

“Sebenarnya daya tampung 200 tetapi animo masyarakat serta kepercayaan masyarakat melampaui, sehingga kami harus membuka 2 kelas tambahan sehingga total perhari ini 250 siswa,” jelasnya. (*)