Unila  

Hadapi Pilkada Serentak, BEM FH Unila Gelar Seminar Nasional

802 views

Bandar Lampung – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum ( FH ) Universitas Lampung ( Unila ) menyelenggarakan Seminar Nasional: Potensi Sengketa dan Tantangan dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024, di Ruang Auditorium Prof. Abdulkadir Muhammad FH Unila, Sabtu, 13 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka diskusi bersama mempersiapkan pilkada 2024 mendatang dengan demokrasi sebagai pilar utama yang menciptakan fondasi kokoh dalam kebebasan ekonomi rakyat, sehingga memungkinkan tersampaikannya aspirasi masyarakat.

Kegiatan dibuka Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., sekaligus mengapresiasi terselenggaranya seminar tersebut dalam sambutannya. Ia pun menyampaikan, seluruh elemen bangsa bertanggung jawab menyukseskan pilkada 2024 tanpa mengesampingkan perguruan tinggi sebagai elemen yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bersama para pimpinan lembaga dan narasumber yang hadir pada acara ini dapat terwujud sinergitas antara tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dalam koridor kebebasan akademis dan tujuan suksesnya menyelenggarakan pilkada serentak 2024,” pungkas Prof. Lusmeilia.

Sementara itu, Dekan FH Unila Dr. M. Fakih, SH, MH, MS, dalam sambutannya mengatakan, seminar yang diadakan merupakan suatu urgensi bagi mahasiswa untuk lebih mengetahui praktik nyata sebagai perpaduan bekal teoritik yang diperoleh saat perkuliahan.

“Perguruan tinggi dituntut untuk meraih IKU, salah satu materi dalam seminar ini sangat tepat digunakan dalam mempelajari metode kasus . Ini merupakan inisiatif bagus yang datang dari mahasiswa yang harus didukung,” kata Dekan FH Unila.

Seminar yang menghadirkan para pemateri di antaranya, Ketua MK RI 2024 Dr. Suhartoyo, SH, MH, Plt Ketua KPU RI M. Afifudin, SThI, M.Si, Anggota Bawaslu RI Dr. Herwyn JH Malonda, M.Pd., MH, Anggota DKPP RI Muhammad Tio Aliansyah, SH, MH, Ditreskrimum Polda Lampung Kombes. Pol. Dr. Reynold EP Hutagalung, SE, SIK, M.Si., MH, Akademisi FH Unila Dr. Budiono, SHMH, dan Ketua Umum IKA FH Unila Dr. Asri Agung Putra, SH, MH

BACA JUGA :   LP3M Unila Siapkan 100 Pengawas UTBK Simanila 2024

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., para wakil dekan FH, Ketua LPPM Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, ST, MT, IPM., ASEAN Eng, akademisi FH Unila, serta mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat luas untuk menjaga sistem demokrasi dan mengantisipasi potensi konflik yang dapat terjadi selama pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. (*)