Bawaslu Tubaba Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

1,392 views

TUBABA- Badan pengawasan Pemilu (Bawaslu) kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) gelar sosialisasi pengawasan partisipatif yang dipusatkan di aula tiyuh (desa) Kagungan Ratu, kecamatan Tulang Bawang Udik, kabupaten Tubaba pada Kamis (04/07/2024).

Acara tersebut dihadiri komisioner Bawaslu propinsi Lampung Suheri, ketua Bawaslu Tubaba Agus Tomi, komisioner Bawaslu Tubaba Kadarsyah, Kapolsek Tulang Bawang Udik AKP Yessi, Danramil Tulang Bawang Udik, camat Tulang Bawang Udik Iwan Setiawan, staf ahli bupati bidang hukum dan politik Untung Budiono, kepala Kesbangpol Tubaba Mubaroq Daud, kepala tiyuh Kagungan Ratu Nurohman serta ratusan masyarakat yang turut menghadiri acara tersebut.

“Kegiatan seperti ini telah kita lakukan pada beberapa tempat selain di tiyuh Kagungan Ratu ini. Kita juga pihak Bawaslu Tubaba sebelumnya juga telah melakukannya di tiyuh Toto Katon kecamatan Batu Putih, tiyuh Candra Jaya kecamatan Tulang Bawang Tengah serta beberapa tiyuh lainnya,” ujar Ketua Bawaslu Tubaba Agus Tomi

Usai penyampaian sosialisasi pengawasan partisipatif, dilakukan penandatangan sebagai komitmen bersama untuk pencegahan kecurangan pada pemilu mendatang.

Dirinya juga menyebutkan penting adanya partisipatif masyarakat dalam hal pengawasan. Sehingga pelaggaran dan kecurangan dapat diminimalisir sekecil mungkin. Bahkan tak hanya meminimalisir kecurangannya saja pada pilkada mendatang baik pilbup maupun Pilgub pada 27 November 2024 mendatang.

Namun lebih dari pada itu yaitu pencegahan dini salah satunya dilakukan edukasi kepada masyarakat pemilih pentingnya pemilihan yang jujur dan berintegritas untuk menghasilkan pemimpin yang baik untuk memimpin daerah 5 tahun kedepan. (erw/dit)

BACA JUGA :   Aprilliati Gelar Sosperda di Langkapura