Selama Ibadah Haji Jemaah Asal Kota Metro Diberi Layanan Kesehatan

614 views

Kota Metro – Jemaah haji asal Kota Metro, yang saat ini tengah berada di Mekah, senantiasa diberikan layanan kesehatan setiap harinya, pemberian layanan kesehatan ini rutin dilakukan pada pagi hari dan sesuai kondisi jemaah haji jika diperlukan.

Layanan kesehatan ini diberikan dan terus dilakukan sampai tahapan ibadah haji selesai. Pelayanan ini dilakukan dengan cara mengunjungi kamar-kamar jemaah haji di penginapan secara bergantian.

“Bahwa setiap pagi hari, tim kesehatan melakukan visitasi ke setiap kamar. Untuk kloter JKG 33 ada sekitar 100 kamar, dalam satu kamar terdapat 3 hingga 4 jemaah,” kata dr. Ria Putriono, bersama Perawat Melia Ratika Sari dan Ahmad Syukri.

Menurutnya, pihak tim medis juga ditemani tim Pendamping Ibadah Haji (PIH) dan Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD), yang berjaga piket 24 jam secara bergantian.

“Untuk daya tahan tubuh, dari cuaca ekstrim, tim medis juga memberikan beberapa obat-obatan dan vitamin, agar jemaah nyaman dalam melaksanakan ibadah,” katanya, Kamis 30 Juni 2024.

Selain pemberian obat-obatan dan vitamin, jemaah juga diberikan pemeriksaan awal kesehatan, mulai dari tensi darah, dll.

Dari pantauan tim medis sejauh ini, jemaah masih dalam kondisi sehat, tim medis juga melakukan visitasi setiap hari secara bergantian, hal ini juga mengingat jumlah ruangan yang banyak sehingga harus dilakukan sistem sift.

Jemaah juga diajak melakukan senam pagi setiap seusai sholat subuh. Dan apabila terdapat keluhan atau kendala dalam beribadah, jemaah bisa melapor ke petugas piket, dari TPHD pukul 07.00 – 15.00 petugas piket adalah Nuryanah, pukul 15.00 sampai 23.00 adalah Eka Safrianto, pukul 23.00-07.00 adalah Yusroni.

Sebelumnya diberitakan. Jemaah Haji Gelombang 2 Kloter JKG 33 asal Kota Metro dan Lampung Timur sampai di Jeddah, Arab Saudi, Senin 27 Mei 2024. Sesampainya di Jeddah, jemaah langsung melaksanakan ibadah umrah wajib.

BACA JUGA :   Wapres Minta UMKM Jadi Sarana Pemberdayaan Masyarakat

Dari laporan Eka Syafrianto selaku Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) seluruh jemaah dalam kondisi sehat wal afiat. Dimulai sejak masa medical cek up hingga pemberangkatan.

Diketahui, sebelum terbang ke Mekkah calon jamaah bermalam di Asrama Haji Rajabasa melakukan rangkaian proses cek kelengkapan berkas dan kesehatan serta memastikan para jamaah layak terbang.

Kemudian, jemaah sudah memakai kain ihram sejak dari Asrama Haji Rajabasa pada pukul 17.55 WIB kemudian berangjat ke bandara Radin Intan 355 jemaah dari Metro dan 29 jemaah dari Lampung Timur serta 2 pendamping ibadah haji (pih), 3 kesehatan dan 2 pendamping haji daerah (phd).

“Total keseluruhan 391 yang layak terbang, sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan pemeriksaan kembali oleh pihak Kedutaan Arab Saudi, dimulai dengan cek visa setelah itu terbang ke Arab Saudi pukul 00.55 WIB sampai di Jeddah dengan selamat sehat wal afiat pukul 07.15 WIB, di Bandara King Abdul Aziz,” kata Eka.

Menurut Eka, sesampainya di Jeddah semua jemaah bisa melaksanakan ibadah umrah wajib, dimulai pukul 16.30, jemaah pun dapat menyesuaikan suhu di Arab Saudi meskipun kondisi suhu mencapai 40°C. Dan hingga hari ini, Selasa (28/5) jemaah sedang beribadah sembari menunggu ibadah inti yaitu ibadah haji.

“Sudah sampai hotel, kemarin Senin (27/5) sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi, di Emmar El Taqwa Hotel, dengan kapasitas tempat tidur 2.500. Suhu memang cukup panas di sini mencapai 40 derajat namun jemaah bisa menyesuaikan waktu ibadah rata-rata habis ashar atau habis magrib,” katanya.

Menurut Eka, rangkaian umrah wajib ini dimulai dari tawaf saai sampai dengan tahalul, yang mana hampir semua jamaah yg tergabung dalam kloter 33 JKG sudah melakukan umroh wajib dan dalam kondisi terjaga kesehatannya.

BACA JUGA :   Peternak Telur Metro Audiensi dengan Walikota

Menurut ketua Kloter Nuryanah masih ada 5 orang yang belum melaksanakan umrah dikarenakan datang bulan, sedangkan untuk pengguna kursi roda ada 13 orang yang mana dari pihak Arab Saudi juga memberikan pendampingan khusus.

“Untuk yang belum melaksanakan umroh wajib kita akan melakukan pendampingan dan bimbingan ibadah sampai rangkaian umroh wajib selesai,” kata Yusroni, selaku PIH yang tergabung dalam kloter JKG 33.

Sebelumnya, jemaah haji dilepas oleh Walikota Metro pada hari Sabtu 25/05/2024 di Masjid Agung Taqwa Kota Metro. Karena kloter JKG 33 masuk dalam gelombang ke 2 maka langsung tiba ke Mekkah di Hotel Emmar El Taqwa sektor 2, sektor Mekkah nomor 206. (*)