Senator Amerika Serikat Chuck Schumer Serukan Pemilu Baru di Israel

964 views

Amerika Setikat – Senator Amerika Serikat (AS) Chuck Schumer dari Partai Demokrat menyerukan diadakan pemilu baru di Israel. Dan Ia juga mengkritik keras Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu sebagai penghalang bagi perdamaian.

Chuck Schumer yang merupakan pendukung Israel sejak lama dan menjadi pejabat Yahudi dengan jabatan tertinggi di AS ini, mengatakan kepada para Senator AS bahwa pemerintahan Netanyahu “tidak lagi memenuhi kebutuhan Israel” setelah lima bulan perang berkecamuk usai serangan mengejutkan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, Seperti dilansir Reuters, Jumat (15/3/2024), dilansir dari detik news.

“Sebagai negara demokrasi, Israel mempunyai hak untuk memilih pemimpinnya sendiri, dan kita harus membiarkan hal itu terjadi. Namun yang penting adalah warga Israel diberi pilihan. Perlu ada perdebatan baru mengenai masa depan Israel setelah 7 Oktober,” kata Chuck Schumer dalam pidatonya.

“Dalam pendapat saya, hal itu paling baik dilakukan dengan menggelar pemilu,” katanya.

Schumer dan para tokoh terkemuka Partai Demokrat lainnya, termasuk Presiden Joe Biden, menghadapi kritikan keras dari dalam partai mereka, atas dukungan tanpa syarat AS terhadap Israel, mengingat dampak serangan Tel Aviv terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Dalam pidatonya, Schumer tidak menyebut kemungkinan memberlakukan legislasi yang menghubungkan antara pasokan senjata AS untuk Israel dengan upaya meringankan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza. Namun dia menyinggung soal potensi Washington menggunakan pengaruhnya jika Tel Aviv tidak mengubah arah.

“Jika koalisi Perdana Menteri Netanyahu saat ini tetap berkuasa setelah perang mulai mereda, dan terus menerapkan kebijakan berbahaya dan menghasut yang menguji standar bantuan AS yang ada, maka Amerika Serikat tidak memiliki pilihan selain memainkan peran yang lebih aktif dalam membentuk kebijakan Israel dengan menggunakan pengaruh kami untuk mengubah arah yang ada saat ini,” katanya (dtk/feb)

BACA JUGA :   Sinyal yang Pertama Sampai Belanda dari Gedung Radio Cililin Bandung Barat