Libur Lebaran, Bakal Ada Diskon Tarif Tol

1,613 views

JAKARTA- Kementerian PUPR bakal kasih diskon untuk para pengendara yang menggunakan tol saat libur lebaran 2024 mendatang.

Ini dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (13/3/24). Ia mengatakan bahwa diskon tarif tol bakal dikeluarkan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Insya Allah ada karena diskon itu untuk mengatur lalu lintas,” ujar Basuki kepada wartawan di Komplek Kementerian PUPR di Jakarta.

Dikatakannya, Diskon ini dilakukan untuk membantu kelancaran lalu lintas dan meringankan beban biaya perjalanan masyarakat, serta mendorong wisata.

Pun demikian, kata dia, diskon tarif tol biasanya diterapkan di jam-jam tertentu di luar tanggal puncak arus mudik guna mendorong penggunaan jalan tol di luar jam sibuk dan mengurai kemacetan.

Basuki mengatakan hingga saat ini belum ada BUJT yang mengajukan pemberlakuan diskon tarif tol. Akan tetapi, dia memastikan diskon tetap akan diberlakukan pada momen Lebaran tahun ini.

Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat selama Idul Fitri 2024 mencapai 193,6 juta orang.

Dalam siaran pers kementeriannya yang dirilis pada Selasa (12/3/24), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan angka tersebut meningkat dibandingkan pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023, yakni 123,8 juta orang.

Ia mengatakan pemerintah akan menerapkan strategi komprehensif untuk mengatasi lonjakan pemudik, yang dikhawatirkan akan menyebabkan kemacetan di simpul dan ruas jalan. Strategi ini akan berfokus pada tiga aspek utama: pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

“Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan,” kata Budi. (ant/dim)

BACA JUGA :   DPR Minta Harga Tiket Pesawat Ditekan