Kepala Dinas Perhubungan Metro Hadiri Apel Ops Keselamatan Krakatau 2024

671 views

Kota Metro- Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro Helmy Zain menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Krakatau 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Polres Metro, Sabtu (02/03/2024).

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan Ikrar Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan yang dibacakan oleh Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, S.IK., M.IK sebagai Inspektur Upacara diikuti oleh seluruh personil Polres Metro dan jajaran serta pasukan dari TNI Kodim 0411 KM, Dinas Perhubungan Kota Metro, Satpol PP Kota Metro juga Komunitas Motor dan Ojol serta para pelajar Kota Metro.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Daerah Lampung yang disampaikan oleh Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, S.IK., M.IK, mengucapkan terima kasih kepada stakeholder bidang lalu lintas dan tamu undangan atas kehadirannya pada apel gelar pasukan operasi keselamatan Krakatau tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan dengan harapan sinergitas yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan.

“Seperti kita ketahui bersama bangsa Indonesia melaksanakan agenda besar yaitu Pemilu 2024, dimana secara garis besar polri telah berhasil mengamankan setiap tahapan pelaksanaan pemilu 2024. Sehingga khususnya, masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan aman dan nyaman dengan terwujudnya pemilu damai pada tahun 2024,” ujarnya.

Permasalahan di bidang lalu lintas adalah berkembang yang semakin cepat dan dinamis, menurutnya menjadi salah satu konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional pelayanan angkutan publik sudah berada dalam genggaman. Cukup dengan menggunakan alat komunikasi modernisasi, ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polisi lalu lintas, “tuturnya.

BACA JUGA :   GML Metro Berikan Bantuan Korban Rumah Kebakaran

Harapannya, mampu mengatasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transformasi seperti E-TLE, SIM Online (Sinar), SIGNAL (Samsat Digital Nasional) dan E-SAMDES (Samsat Desa).

“Polda Lampung beserta jajaran akan melaksanakan Operasi Keselamatan Krakatau 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan selama 14 dimulai dari tanggal 4 sampai 17 Maret 2024,”terangnya.

Kapolres Metro juga menyampaikan bahwa Operasi Harkamtibmas secara serentak akan digelar di seluruh indonesia yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang bersifat edukatif dan persuasif serta humanis.

Kegiatan tersebut juga didukung penegakan hukum secara elektronik atau teguran simpatik guna meningkatkan simpatik masyarakat terhadap polantas dan bertujuan untuk menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, laka lantas serta angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam rangka Cipkon Kamseltibcar Lantas menjelang Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG), dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi mengakibatkan kemacetan. pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat maupun pasca operasi keselamatan krakatau 2024, “bebernya.

Selain itu, ada 5 prioritas pelanggaran yang akan menjadi perhatian khusus selama pelaksanaan Gelar Pasukan Ops Keselamatan Krakatau 2024 . “

Adalah kendaraan bermotor R2/4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan(Knalpot Brong), kendaraan yang tidak standar pabrikan dengan menambah panjang rangka atau merubah spek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading, kendaraan pribadi yang menggunakan sirine, rotator atau strobo yang bukan peruntukannya.

“Tak hanya itu, Pengendara yang TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau spektek, dan pengemudi atau pengendara sepeda motor yang menggunakan helm SNI juga akan menjadi target dari Gelar Pasukan Ops Keselamatan Krakatau 2024. (*)

BACA JUGA :   Qomaru Minta Stakeholder di Metro Percepat Penurunan Stunting