Perkuat Pengawasan Pemilu, SMSI Lampung – Bawaslu Lampung Berkolaborasi

3,615 views
Foto: Humas Bawaslu Lampung

BANDARLAMPUNG- Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung sambangi Kantor Bawaslu Lampung, Selasa (23/1/23) siang.

Ya, SMSI Lampung menyatakan bakal ikut berkontribusi aktif membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan agar proses demokrasi di Pemilu 2024 berjalan sebagaimana mestinya.

Ketua Harian SMSI Lampung, Fajar Arifin, S.H menyatakan bahwa pihaknya membentuk tim pemantau pemilu independen.

“Ini melibatkan seluruh anggota SMSI Lampung yang tidak mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Disini, tim independen bentukan SMSI ini tidak hanya menunggu laporan masyarakat saja, tapi juga langsung membuat laporan baik ke Bawaslu maupun Gakkumdu plus melakukan pengawalan atas pelaporan itu, jika di lapangan ditemukan adanya pelanggaran pemilu. Misalnya saja politik uang,” Papar Fajar.

Untuk itu, kata dia, lebih dari 200 pemilik media siber (online) di Provinsi Lampung yang menjadi anggota SMSI bakal menjadi jembatan mata masyarakat untuk mengawasi proses demokrasi yang saat ini tengah berjalan.

“Sepanjang ada bukti yang valid, jangan ragu untuk melaporkan ke tim pemantau pemilu SMSI Lampung. Kami akan kawal! Ini dilakukan untuk menekan terjadinya kecurangan yang bisa saja sengaja dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencederai Pemilu 2024,” kata advokat berjuluk pengacara siaga itu.

Sekretaris SMSI Lampung Senen, S.Ikom mengatakan, peran serta SMSI Lampung pada pemilu 2024 merupakan momentum yang baik, apalagi diera digitalisasi seperti sekarang ini, peran media sangat penting agar dapat menyampaikan kepada masyarakat secara utuh dan lugas.

“Kami para pengusaha media siber yang tergabung di SMSI Provinsi Lampung ada 220 media online. Jadi peran kami yakni membentuk pemantau pemilu diharapkan mampu mewujudkan pemilu yang berkualitas,” ucap Senen.

Terkait hal ini, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar, S.H menyambut baik ajang silaturahmi organisasi media kumpulan pemilik media online terbesar di Indonesia tersebut.

BACA JUGA :   Kemensos Gelar Resertifikasi 772 KPM PKH di Selayar

Menurutnya, inisiasi SMSI Lampung dalam pemilu 2024 di tahun ini memberikan angin segar, agar perhelatan pesta demokrasi didukung dari segala lini yang turut membantu.

Foto: Humas Bawaslu Lampung

“Kami menyambut baik ikut sertanya SMSI Lampung dalam mengawasi Pemilu 2024. Dengan begitu, kita bersama-sama berusaha agar Pemilu 2024 berjalan semakin baik,” pungkasnya.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan respons cepat bagi setiap pelaporan yang masuk ke Bawaslu. (sms/rif)