Seorang ABK KM Sumber Mandiri Terjatuh di Perairan Kuala Teladas, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

3,009 views

Tulang Bawang – Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap seorang ABK KM Sumber Mandiri yang terjatuh di Perairan Kuala Teladas Tulang Bawang pada Minggu (14/01/2024).

Kejadian berawal ketika pada Jumat (12/01) sekitar pukul 05.00 WIB KM. Sumber Mandiri berangkat dari Kuala Teladas menuju ke perairan Mesuji. Kemudian pada Sabtu (13/01) sekitar pukul 06.00 WIB salah satu ABK nya terjatuh ke laut, dikarenakan angin kencang dan badai. KM. Sumber Mandiri telah melakukan pencarian secara mandiri namun belum di ketemukan.

Selanjutnya Nahkoda KM Sumber Mandiri melaporkan kejadian tersebut kepada Bpk. Edi (Pos TNI AL Kuala Teladas) dan diteruskan ke Kom Center Kantor SAR Lampung pada Sabtu (13/01) pukul 15.20 WIB. Korban dalam pencarian bernama Komarudin (39) merupakan warga Kangkungan Gebang Mekar kota Cirebon.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. mengerahkan 1 tim Rescue Kantor SAR Lampung untuk menuju lokasi dan melaksanakan pencarian dan pertolongan. Pada Sabtu (13/01) Pukul 22.40 WIB Tim Rescue Basarnas Lampung tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari personil Pos AL Kuala Teladas, Polairud Kuala Teladas, KPLP Kuala Teladas dan nelayan setempat. Tim SAR Gabungan langsung menyusun rencana pencarian untuk hari Minggu (14/01) pagi.

Pencarian pada Minggu (14/01) dimulai pada pukul 07.00 WIB. Tim SAR Gabungan membagi tim menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit) sesuai dengan rencana operasi yang telah disusun. SRU 1 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu karet Basarnas radius 9 km ke arah Utara dari lokasi kejadian. SRU 2 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu speed lidah milik Pos AL Teladas radius 9 km ke arah selatan dari lokasi kejadian.

BACA JUGA :   Mahasiswa UTI Magang dan Studi Independen Berrsertifikat di Diskominfotiksan Pesawaran

Pukul 12.00 WIB Tim SAR Gabungan menghentikan sementara pencarian dikarenakan kondisi cuaca buruk (hujan disertai angin kencang). Kemudian Pukul 14.15 WIB Tim SAR Gabungan melanjutkan kembali pencarian ke area sektor masing masing. Pencarian hari ke 2 dilakukan hingga pukul 17.00 WIB dengan hasil nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan pada Senin (15/01) pagi.

Komandan Tim Rescue Basarnas Lampung Koman Liyo melaporkan langsung hasil pencarian ke 2 kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. selaku SMC (SAR Mission Coordinator). “Pencarian Hari ke-2 dilakukan hingga pukul 17.00 WIB dengan hasil masih nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali pada Senin pagi,” kata Koman. (hum/feb)