Pemkot Metro Gelar Pasar Murah di Lapangan Iringmulyo

820 views

Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Bagian Perekonomian kembali menggelar Pasar Murah yang berlangsung di Lapangan Iringmulyo, Kamis (21/12/2023).

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Metro Drs. H. Qomaru Zaman, MA mengatakan bahwa Penetrasi Pasar yang diadakan kembali oleh Pemerintah Kota Metro dalam rangka menjaga stabilisasi harga bahan pangan pokok dan pengendalian inflasi di Kota Metro.

“Kegiatan pasar murah ini juga bentuk rasa peduli dan perhatian Pemerintah Kota Metro kepada masyarakat, karena sebagai pemerintah kita harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya salah satunya dengan membuka penetrasi pasar. Terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru ( Nataru) mereka masih butuh pelayanan kita dan insyaallah seterusnya akan kita layani,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Metro sudah menggelar pasar murah di Kecamatan Metro Barat dengan mengeluarkan makan pokok termasuk beras sebanyak 10,5 ton.

“Pada kegiatan hari ini kita melepas sebanyak 2 ton beras dan habis hanya hitungan waktu 1 jam kurang. Artinya hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan oleh warga Kota Metro,” terangnya.

Adapun bahan sembako yang disediakan terdiri dari Cabai Merah Rp.50.000/kg, Cabai Rawit Rp.20.000/kg, Telur Ayam Rp.23.000/kg, Minyak Rp.13.000/liter, Gula Rp.15.000/kg, Bihun Rp.3.000/bungkus, Bawang Kating Rp.35.000/kg, Tomat Rp.12.000/kg, Terigu Rp. 10.500/kg, Kecap Bango Rp. 21.500/bungkus dan Beras SPHP Rp.51.000/5 kg.

Selain itu, Qomaru Zaman berharap pasar murah yang diadakan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Metro untuk dapat mengendalikan inflasi dan kenaikan harga bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dirasakan masyarakat Metro.

“Kita juga tentu harus betul-betul dapat memahami situasi perekonomian dan inflasi saat ini, dimana Kota Metro inflasinya berada pada angka 3,73 persen lebih rendah dibandingkan Bandar Lampung,” jelasnya.

BACA JUGA :   Wahdi Siradjuddin Bongkar Pasang 159 Pejabat Pemkot Metro

Sebagai Wakil Wali Kota Metro, dia juga menginginkan kegiatan ini dapat memiliki nilai manfaat yang baik dan dapat membantu masyarakat Metro dalam menghadapi lonjakan kenaikan beberapa bahan pokok menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Metro Ir. Yerry Ehwan, MT, mengungkapkan pasar murah hari ini, Pemerintah Kota Metro menjual beberapa komuditas bahan pokok seperti beras, gula, minyak, tepung, bawang , telur, dan cabai.

“Bahan pokok tersebut kami hadirkan dengan harga di tingkat grosir dan sebagian ada subsidi terbatas dari Kota Metro, sehingga harganya murah dari pada harga yang ada dipasaran,” ungkapnya.

Yerri juga menegaskan adanya pembatasan maksimum terhadap jumlah barang yang dapat di beli, yaitu 2 kilo pada masing-masing item yang disediakan dan 2 karung beras per orang. Hal ini dilakukan agar lebih merata masyarakat Kota Metro dapat memperoleh barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Pada kesempatan yang sama, Yerri juga menekankan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pangan, karena berdasarkan pantauan yang telah dilakukan bahan pokok di Kota Metro terpantau aman.

“Sebelumnya kita juga telah mengkomunikasikan kepada Lurah dan Camat untuk dapat mensosialisasikan kepada warganya, terkait adanya pasar murah yang di gelar oleh Pemkot Metro ,” terangnya.

Berdasarkan keterangan salah satu warga Nunik, seorang warga Iringmulyo yang sedari pagi sudah memborong sembako di Pasar Murah Kota Metro mengaku cukup terbantu dengan adanya pasar murah.

“Alhamdulillah saya senang sekali dengan adanya Pasar Murah ini. Apalagi anak-anak saat ini sedang libur sekolah, jadi saya bisa stok keperluan sehari-hari. Kegiatan ini sangat membantu sekali untuk ibu rumah tangga seperti saya,” katanya. (hum/feb)

BACA JUGA :   Pastikan Pelayanan Masyarakat Tetap Maksimal, Walikota dan Wakil Walikota Metro Sambangi 33 OPD