Ketua SMSI Way Kanan Dikeroyok, SMSI Provinsi Lampung Minta Polisi Usut Tuntas dan Bubarkan Posko yang Dijadikan Tempat Pungli

5,394 views

LAMPUNG- Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Way Kanan Yoni Aliestiadi, menerima kekerasan yang diduga terkait berita indikasi pungutan liar (pungli) terhadap mobil bermuatan batu bara di jalan lintas tengah (Jalinteng) di kabupaten Way Kanan, Selasa (24/10/ 2023) kemarin.

Terkait ini, Ketua SMSI Provinsi Lampung, Donny Irawan langgsung berkoordinasi dengan Dirkrimum Polda Lampung, Rabu (25/10/2023).

Donni meminta polisi memberantas premanisme di Way Kanan. Dia tidak membenarkan sikap yang bersifat premanisme dalam bentuk apapun dan berkedok apapun.

“Polisi diminta segera memeroses tindakan premanisme terhadap ketua SMSI Way Kanan. Kejadian ini melukai perasaan anggota SMSI se-Indonesia. Saat ini tidak dibenarkan lagi kegiatan kegiatan yang bersifat premanisme, dengan berkedok apapun,” kata dia.

Demikian pula terhadap dugaan pungli atas kendaraan bermuatan batubara di Way Kanan, pemerintah dan kepolisian diminta membubarkan posko yang diduga tempat mangkalnya para pelaku pungli.

Dia juga menyebut telah berkoordinasi dengan Dirkrimum Polda Lampung terkait sikap premanisme tersebut.

“Saya sudah melaporkan kepada Dirkrimum Polda Lampung untuk segera ditindak. Ini kejahatan terhadap jurnalis. Dirkrimum Polda Lampung berjanji perkara tersebut akan ditindaklanjuti,” katanya.

sementara itu, Ketua SMSI Lampung Timur Firdaus didampingi sekertaris Kemas Hasan mengatakan bahwa kerja wartawan dilindungi Undang – undang Pers no 40 tahun 1999.

“Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan dapat melakukan klarifikasi,sanggahan dan hak jawab sesuai yang di amanatkan oleh Undang -undang, bukan dengan arogansi, kebrutalan dan gaya premanisme untuk menyelesaikannya,” ujar Kemas Hasan.(25/10/23).

Lebih lanjut SMSI Lampung Timur meminta agar pihak penegak hukum segera memproses hukum peristiwa yang menimpa ketua SMSI Way Kanan.

“Kami mengutuk keras peristiwa tersebut dan meminta kepada penegak hukum segera memposesnya agar dikemudian hari tak ada lagi hal serupa yang menimpa kawan kawan media”,tegasnya.

BACA JUGA :   Ini Harga Emas Aneka Tambang Pagi Ini!

Diketahui sebelumnya puluhan massa dengan mengendarai roda dua dan empat menyerang Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Way Kanan Yoni Aliestadi di Markas PMI pada Selasa 24 Oktober 2023 Pukul 11.50. Wib.

Kedatangan rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua Goala Indra, yang tanpa basa basi langsung masuk ruangan Kepala Markas PMI Yoni Aliestiadi, dengan tujuan minta bahwa berita tentang dugaan pungli mobil muatan batu bara di jalur Tengah Lintas Sumatera di Way Kanan diklarifikasi.

Keributan di ruangan Ketua tersebut tidak bisa di elakan, yang mengakibatkan Kepala Ketua SMSI Way Kanan terkena lemparan batu serta dorongan dari banyak orang yang masuk di ruangan kerjanya serta terlihat ada banyak tumpahan air kopi, gelas pecah berserakan disertai batu yang digunakan untuk melempar kepala Ketua SMSI Way Kanan hingga menyebabkan luka lebam.

Selain mengacak- acak ruangan dan melukai serta mengancap Yoni Aliestiadi, suasana panas terlihat juga diluar markas, puluhan massa ini terlihat membawa golok dan celurit.

Akibat kejadian ini ketua SMSI Way Kanan mengalami luka dikepala karena lemparan batu dan langsung melakukan visum serta melaporkan kejadian ini ke Polres Way Kanan.

Terpisah Ketua Harian SMSI Provinsi Lampung Fajar Arifin, SH.MH menyayangkan hal itu terjadi, dirinya menyampaikan, aksi premanisne terhadap media atau jurnalist, terlebih jika yang diberitakan tersebut berdasarkan fakta.

“SMSI Lampung akan berikan backup penuh terhadap kekerasan yang dialami Ketua SMSI Waykanan untuk memperoleh keadilan”, ujar Fajar Arifin, SH. MH.

Dengan ini, lanjutnya, SMSI Lampung mengutuk keras adanya aksi premanisme atau bahkan upaya pembunuhan kepada Ketua way kanan.

“Polisi harus responsif, berani, tegas untuk tangkap dan proses hukum para pelaku yang diduga melakukan pengeroyokan atau menganiyaya dan mengancam Yoni Aliestiadi selaku Ketua SMSI Waykanan”, tutup Ketua Harian SMSI Lampung. (smsi)

BACA JUGA :   Pantauan Kakansar Lampung Via Udara Arus Balik Nataru 2023-2024