Pimpin Rakor, Walikota Metro Evaluasi Kota Layak Anak

1,030 views

METRO – Walikota Metro Wahdi Siradjuddin pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kota Metro Bulan Februari Tahun 2023.

Selain Rakor acara ini juga membahas terkait evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Kota Metro Tahun 2023, yang berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro, Jum’at (10/02/2023).

Dalam rangka memperkuat komitmen dan mendorong Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Metro, untuk berperan secara langsung dalam pengembangan KLA di Kota Metro yang di leading sectori Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian  Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Metro.

Dalam penyampaiannya, Wahdi mengungkapkan sesuai dengan instruksi Presiden, bahwa kabupaten/kota harus bisa mendesain kotanya dengan baik. Salah satunya dengan memperkuat komitmen dan mendorong Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Metro, untuk berperan secara langsung dalam pengembangan Kota Layak Anak di Kota Metro.

Wahdi menilai melalui sistem kerja keroyokan, ampuh meringankan beban pekerjaan yang awalnya berat jadi terasa ringan, bila dikerjakan bersamaan.

Sementara itu, Bangkit Haryo Utomo mengungkapkan rapat koordinasi dan evaluasi yang dilakukan hari ini merupakan dukungan terhadap Kota Layak Anak.

Harapannya, di Tahun 2024 Kota Metro dapat masuk dalam predikat Kota Layak Anak, dimana hasil penilaian Kota Metro saat ini berhasil mengumpulkan nilai sebesar 780 point dalam predikat nindya.

Menurutnya, untuk mencapai sebagai Kota Layak Anak Kota Metro hanya kurang sedikit lagi yaitu 220 point, untuk mencapai predikat KLA yaitu 1000 point dengan memperkuat tupoksi yang ada di masing-masing OPD.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda sekaligus ketua Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak Metro Anang Risgiyanto, memaparkan bahwa anak merupakan investasi yang menjadi dasar dan menjadi background dalam rangka Kota Layak Anak. Melalui regulasi beberapa Perda yang bertujuan untuk mewujudkan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

BACA JUGA :   RSUDAY Metro Tingkatkan Program Layanan Masyarakat

Anang Risgiyanto, optimis untuk dapat meningkatkan predikat Kota Layak Anak dari yang sebelumnya masuk katagori pratama dan nindya menjadi predikat KLA.

“Kita harus dapat posisinya dari pratama yang harusnya madya tetapi kita mendapat nindya, ini nindya harusnya ke utama tetapi kita maunya langsung ke KLA, ” ungkapnya saat di wawancara oleh Diskominfo Kota Metro.

Acara diakhiri dengan melakukan penandatangan komitmen bersama pelaksanaan Kota Layak Anak Kota Metro Tahun 2023. (hms)