Pembangunan Gardu Induk 150 KP Sambungan Utama Arus Listrik Tegangan Tinggi di Pesawaran Akan Segera Selesai

1,708 views

PESAWARAN – Kendala akan kebutuhan  listrik masyarakat Kabupaten Pesawaran akan segera teratasi. Hal ini dengan akan segera rampungnya Proyek Pembangunan Gardu Induk (GI) 150 KP Sambungan Utama Arus Listrik Tegangan Tinggi (Sutet), yang berada di Desa Way Layap, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran.

Proyek senilai Rp 66 milyar dari APLN Pusat TA 2019 tersebut, yang berdiri diatas lahan 2 hektar lebih itu, yang  siap menampung arus sambungan aliran listrik tegangan tinggi dari Pagelaran, Pringsewu  tersebut, ditargetkan akan rampung pada Pebruari 2023 mendatang.

Menurut Kepala Proyek GI tersebut, Mazwar dari PT. Sejahtera Intercom menerangkan, Proyek yang ditanganinya itu, diakuinya sempat tertunda pengerjaannya selama 2 tahun akibat adanya wabah Pandemi Covid- 19. 
Dan baru dapat dilanjutkan lagi pada  Maret 2022 hingga sekarang ini.

“Benar, sejak peletakan batu pertama pembangunan proyek ini, pada 2019.Proyek sempat dihentikan selama 2 tahun pengerjaannya, akibat wabah Covid- 19,” ucap Mazwar, Selasa (18/10/22)

“Sekarang estimasi kita, pengerjaannya sudah mencapai  80 persen, Dan kita targetkan pada Pebruari tahun depan, proyek sudah bisa beroperasi,” sambungnya.

Kalau bicara dampak positip atas adanya proyek ini, kata Mazwar, jelas sangat banyak sekali keuntungannya, terlebih dalam mempercepat pembangunan  oleh Pemerintah setempat dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Pastinya, akan banyak investor yang akan masuk ke kabupaten ini. Sebab ketersediaan pasokan listrik, yang besar dan stabil, merupakan jaminan kebutuhan mendasar bagi insvektor untuk masuk dan mengembangkan usahanya disini,” jelasnya.

“Nah, dengan masifnya pembangunan baik perdagangan dan industri yang dilksanakan, tentunya akan berdampak langsung pada peningkatan tarap kesejahteraan masyarakatnya,’ tambahnya.

Sementara salah satu tokoh Pemuda Pesawaran, Mursalin mengatakan, untuk tidak meniadakan peran Pemerintah Kabupaten Pesawaran, yang telah ikut mendukung sejak awal, dengan  memberikan kemudahan dan kelancaran terhadap progres pelaksanaan pembangunan proyek GI tersebut.

BACA JUGA :   Srikandi Dermawan Pesawaran Berkomitmen Gelar Kegiatan Sosial Jumat Barokah

“Kita ucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, yang sejak awal sangat mendukung dengan memberikan kemudahan- kemudahan sampai sekarang, yang memang sangat diperlukan untuk kelancaran pembangunan proyek ini,” ucapnya. (rid)