Napi Lampung Utara Buat Ulah!

1,778 views

LAMPUNG UTARA- Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lampung Utara kembali berulah, akibat kelakuan para warga binaan tersebut, pintu masuk Stadion Sukung Kotabumi yang tadinya kusam karena warnanya pudar, kembali bersih karena dicat ulang oleh mereka. 

Kejadian tersebut terjadi saat masyarakat Lampung Utara (Lampura) sedang melakukan kegiatan olahraga pagi di fasilitas milik pemerintah setempat pada minggu (23/01/22). 

Puluhan warga binaan yang dikomandoi oleh Endang Lintang Hardiman tersebut, tidak hanya mengecat pintu masuk Stadion Sukung, tapi sebagian dari mereka membuat riuh dengan bermain musik dengan peralatan lengkap dihalaman GOR Stadion tersebut untuk menghibur masyarakat yang sedang berolahraga. 

Saat ditanya mengenai kelakuan mereka, Endang Lintang mengatakan, kegiatan ini sengaja mereka lakukan agar masyarakat Lampura semakin semangat untuk berolahraga. 

“Untuk kegiatan musik, Lapas Kelas IIA Lampura sudah melakukan lima minggu belakangan ini, kalau mengecat pintu masuk baru kita lakukan minggu ini,” kata dia. 

Endang Lintang mengatakan, kalau kegiatan warga binaannya tersebut untuk persiapan mereka menghadapi lepasnya dari masa tahanan, dan mengenalkan kepada masyarakat agar dapat menerima mereka tanpa ada rasa takut. 

“Karena mereka sudah kita bekali dengan keterampilan sesuai dengan skill mereka masing-masing, jadi InsyaAllah saat keluar kelak mereka dapat berguna dan bisa menerapkan apa yang sudah mereka dpat saat kita bina,” ucapnya  

Ditanya mengenai darimana anggaran yang diperoleh untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Endang Lintang menjawab kalau anggaran untuk kegiatan yang mereka lakukan diperoleh dari masyarakat Lampura yang ingin daerahnya maju. 

“Dari masyarakat Lampura lah, contohnya untuk kegiatan mengecat hari ini, dikirim oleh warga masyarakat yang urunan karena ingin saat mereka berolahraga merasakan nyaman. Ada juga yang menyumbangkan minum dan makanan,” jelasnya. 

BACA JUGA :   Peternak Kurang Dapat Perhatian Dari Pemkab Lampura?

Dilanjutkannya, Lapas Kelas IIA Kotabumi akan bersinergi dengan warga Lampura. Dirinya siap mengerahkan warga binaan bila ada warga atau masyarakat Lampura yang mau menyumbangkan cat ataupun uang untuk mengecat Stadion Sukung maupun GOR. 

“Bahkan kita dibantu oleh komunitas kok, mereka selalu suport. Minggu depan kita lanjut, kalau ada yang mau menyumbangkan rezekinya, karena yang kami punya cuma tenaga, dan untuk memperkenalkan kalau kami memanusiakan warga binaan, agar mereka diterima ditengah masyarakat kelak,” paparnya. 

Terpisah, Eliza Marzha, salah seorang warga yang sedang berolahraga ditempat tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan warga binaan tersebut, dan berharap terus berlanjut, karena selain bermanfaat juga mampu membantu pemerintah untuk mempercantik fasilitas kebanggaan masyarakat Lampura tersebut. 

“Keren, saya dukung semoga terus berlanjut, agar kita semakin semangat berolahraga disini, karena tempatnya diperbaiki,” Singkat dia sambil memasukan uang kedalam kotak yang disediakan oleh pihak Lapas untuk membeli bahan pengecatan. (kis/dit)