Pemkab Lamteng Gelar Pelatihan Penanganan Jenazah Pasien Covid-19

268 views

LAMPUNG TENGAH- Pemerintah Kabupaten Lampung tengah menggelar pelatihan simulasi penanganan jenazah pasien Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan di Lapangan Merdeka Gunung Sugih tersebut melibatkan Dinas Kesehatan, BPBD, Satgas dari 28 Kecamatan se-Lampung Tengah, Jumat (04/12/20).

Dalam arahannya, Pjs. Bupati Lampung Tengah Adi Erlansyah yang di wakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sarjito berharap kepada seluruh satuan tugas dari 28 Kecamatan agar bener-benar dan serius mengikutinya, agar kelak di kecamatan ada warga yang meninggal karna wabah virus corona dapat dengan segera di selesaikan proses pemakamannya yang sesuai dengan protokol Covid-19.

Selain itu Sarjito meminta kepada petugas pemberi materi agar sedetail mungkin memberikan penjelasan terkait proses pemakaman jenazah bila ada warga masyarakat yang meninggal karna virus corona.

Mulai dari proses persiapan pemakaian APD hingga di pemakaman di liang lahat, sehingga petugas tidak ragu lagi dalam melaksanakan tugasnya karna sudah mengetahui proses nya yang sesuai dengan protokol Covid-19.

Dalam simulasi ini dijelaskan Sarjito, satuan tugas di beri pelatihan cara menggunakan APD, membungkus jenazah yang ada di dalam peti dan protokol kesehatan saat memakamkan juga usai memakamkan jenazah. Di tegaskn Sarjito pemulasaran jenazah Covid-19 ini sangat penting, sehingga petugas dari satuan tugas yang ada di kecamatanan siap melakukan tugas sesuai protokol Covid-19.

“Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar Covid-19, karena ini di luar kebiasaan menangani jenazah pada kondisi normal,” pungkas Sarjito. (kom/dit)

BACA JUGA :   Ketua TP PKK Lamteng Bukber dan Bagi Paket Sembako di Pesantren