Diduga Lakukan Pencabulan Dibawah Umur, ZR Diringkus Polisi

338 views

WAY KANAN – Polsek Kasui, Kabupaten Way Kanan menangkap pelaku yang diduga melakukan pencabulan anak di bawah umur.

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung melalui Kapolsek Kasui Iptu Eko Budiarto menjelaskan kronologis kejadian terjadi pada hari Senin tanggal 09 November 2020, sekitar pukul 18.30 WIB.

“Berawal pelapor yang diketahui sebagai saudara dari korban (kakak kandung) baru mengetahui setelah dilapori oleh seorang saksi mata,yang  telah menceritakan bahwa adiknya Bunga (bukan nama sebenarnya) yang masih berusia 15 tahun telah menjadi korban pencabulan, saksi mata tersebut menceritakan kepada saudaranya terkait kejadian itu, karena saksi mata mengetahui saat melihat messenger facebook korban,” ujar Eko.

“Setelah diberi laporan oleh saksi mata terkait peristiwa tersebut, orang tua korban langsung mendatangi Polsek Kasui untuk melakukan pelaporan atas peristiwa yang dialami anaknya supaya ditindak lanjuti,”imbuhnya

Dikatakannya, kakak korban yang juga mendapatkan laporan, dan untuk memastikan informasi dari saksi mata,dirinya ber inisiatif untuk  memanggil Bunga guna menanyakan tentang kebenarannya laporan dari saksi mata tersebut.

“Bunga membenarkan bahwa dirinya telah di setubuhi atau dicabuli lebih dari satu kali. Ini dilakukan di rumah orang tuanya dan juga dilakukan di gubuk Air Terjun Curup Gangsa Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan, dengan cara dipaksa dan dibujuk rayu oleh  pelaku,” jelasnya via keterangan tertulis yang diterima redaksi (10/11/20).

Ada pun Kronologis penangkapan tersangka terjadi pada hari Senin tanggal 09 November 2020, sekitar pukul 18.00 Wib.

Polsek Kasui mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan pelaku. Personil Polsek Kasui yang dipimpin Kapolsek Kasui Iptu Eko Budiarto menuju kelokasi dan berhasil mengamankan seorang pelaku inisial ZR (29) di salah satu rumah warga kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan tanpa perlawanan.

BACA JUGA :   Pemkab Way Kanan Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Pelajar SMA Di Kecamatan Way Tuba

Selanjutnya Pelaku dan barang bukti dibawa untuk diamankan ke Polsek Kasui untuk dilakukan proses lebih lanjut.

“Akibat perbuatannya, pelaku dapat dikenakan pasal 81 dan atau pasal 82 UU RI No.17 tahun 2016, tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara,” ungkapnya.(gun/dit).