BPIP Bakal Pakai Tiktok Untuk Sosialisasikan Pancasila Ke Generasi Muda

270 views
ilustrasi

JAKARTA- Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bakal gunakan tiktok untuk sosialisasikan pancasila kepada generasi muda. Tak hanya Platform Tiktok, BPIP juga akan mempergunakan media sosial seperti Youtube dan Blog.
Hal ini dikatakan Ketua BPIP Yudian Wahyudi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/2/20).

“Alatnya itu maksud saya ada Youtube, ada Blogger, ada pokoknya medsos yang sekarang digital lah. Digital mode ini kita pakai, sehingga nanti akan ada, ya termasuk Tiktok segala macam itu,” ucap Yudian.
Dikatakannya, langkah ini dianggap perlu diambil untuk menjawab permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin BPIP fokus kepada generasi milenial.

“Dalam hal ini pak Presiden sangat berkali-kali menekankan kita fokus disini, karena ada generasi milenial yang 129 juta jiwa yang kira-kira terputus dari dua sisi,” kata Yudian.

Selain medsos, Yudian tak menutup kemungkinan menyosialisasikan dan membumikan Pancasila menggunakan media seperti film dan musik. BPIP, kata dia, juga hendak menggunakan kompetisi-kompetisi olahraga untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila.

Rektor UIN Sunan Kalijaga itu berkata pihaknya ingin menyampaikan nilai Pancasila tanpa memaksakan melalui metode indoktrinasi. Sehingga perlu dipilih cara-cara yang lebih ramah dengan generasi muda.

“Dengan cara yang sesuai dengan psikologi anak-anak, generasi milenial,” tuturnya.

Tak hanya itu, BPIP juga berencana menggandeng idola-idola kalangan muda. BPIP merancang nantinya Pancasila disosialisasikan oleh artis, penyanyi, atau atlet yang digemari oleh anak-anak muda.

“Agar mereka ini tidak terasa bahwa mereka itu sebetulnya sedang kita ajak untuk berpancasila,” ucap Yudian. (cni/dim)

BACA JUGA :   Eriawan Ancam Pecat ASN Pesawaran yang Tak Netral!