238 WNI Yang Dikarantina Bakal Pulang Dari Natuna, Hari Ini

263 views

JAKARTA- Sebanyak 238 WNI di Natuna bakal pulang ke daerahnya masing-masing hari ini (15/2/20) usai dikarantina oleh Pemerintah Pusat di Natuna, Kepulauan Riau.

Masa observasi dan monitoring dilakukan di hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, dinyatakan selesai pukul 12.00 WIB hari ini. Mereka akan pulang ke daerah masing-masing, namun akan transit di Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta lebih dulu.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahhwa nantinya sisa-sisa tenda di hanggar bekas tempat tinggal WNI saat masa observasi dan karantina rencanamya akan dibongkar untuk dilakukan perawatan, dan dibersihkan agar nantinya bisa digunakan saat dibutuhkan kembali.

“Untuk apa, untuk dipelihara untuk dibersihkan supaya setiap saat bisa dipakai lagi. Jadi dia menjadi ready terus tendanya. Karena itu tenda memang untuk pasukan, dan pasukan itu untuk siapa, pasukan itu yang nyaman bukan tenda-tenda pleton biasa,” paparnya.

Tenda tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni seperti air conditioner atau pendingin ruangan, televisi, dan sebagainya. Sehingga tenda ini cenderung nyaman ditinggali, walaupun berada di wilayah militer.

“Jadi memang lengkap sekali. Jadi menurut saya tenda nyaman lah, meskipun militer,” ungkapnya.

Terkait kepulangan para WNI, Terawan mempersilahkan kepada keluarga WNI yang diobservasi untuk menjemput anggota keluarganya saat tiba di bandara nanti. Bahkan pemerintah sudah menyiapkan tiket untuk mereka bisa kembali ke rumahnya.

“Langsung (bisa jemput), begitu sampai mereka langsung punya tiket dan sebagainya, sudah dibekali,” ujar Terawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2020).

Rombongan 238 WNI ini akan langsung diterbangkan dari Natuna pada Sabtu, 15 Februari besok pukul 12.00 WIB ke Jakarta, dan perkiraan perjalanan akan memakan waktu selama 4 jam dari Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau.

BACA JUGA :   Ketua DPR RI Tinjau Lokasi IKN di Kaltim

“Kalau cuaca baik, tidak ada problem, dan Tuhan mengizinkan mungkin sekitar 4 kurang lah. Mudah-mudahan sudah tiba di Jakarta. Empat (jam) kurang, kurangnya seberapa nanti dihitung sendiri,” tutup Terawan.(ara/dim)