DPR Minta Pemerintah Setop Kedatangan Turis Dari China

281 views
ilustrasi virus corona

JAKARTA- DPR RI minta pemerintah untuk menutup kedatangan turis dari megeri tirai bambu, Tiongkok. Ini dilakukan mengingat jumlah kasis korban jiwa akibat virus corona terus meningkat.

“Setop arus masuk turis dari China. Untuk keperluan turis ditutup dulu. Untuk kepentingan lain silahkan dikaji dulu sesuai kebutuhan. Intinya perlu ada pembatasan jumlah pengunjung masuk dari China,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sebagaimanna dikutip dari cnnindonesia.com, Minggu (2/2/20).

Untuk diketahui, pemerintah Indonesia sudah menerapkan aturan bebas visa dari sejumlah negara termasuk China. Aturan itu membuat turis dari negara bebas visa dapat masuk dengan lebih cepat dan mudah ke Indonesia.

Meutya menganggap pemerintah mesti melakukan moratorium terhadap aturan bebas visa tersebut. Dia berkaca dari sejumlah negara yang sudah melakukan pembatasan terhadap turis asal China.

Di antaranya Amerika Serikat dan Australia. Pemerintah Australia melarang masuk seluruh warga negara asing yang sempat berlibur atau transit di China.

Meutya juga meminta pemerintah untuk memperketat pengawasan dan deteksi dini di area perbatasan. Termasuk juga di semua pintu masuk bandara di Indonesia.

“Saya berharap semua pintu masuk dan keluar pelabuhan dan bandara [Indonesia] disediakan alat pemindai agar terdeteksi siapa saja yang terduga terinfeksi virus,” kata dia.

Virus corona yang berasal dari Wuhan, China sudah menelan ratusan korban jiwa. Sejauh ini, Komisi Kesehatan Nasional China mencatat korban meninggal dunia mencapai 304 orang pada Minggu (2/2/20). (cni/dim)

BACA JUGA :   DPD RI Setuju Pemekaran Wilayah Di Papua