Kabut Asap Tutupi Palembang,Penerbangan Ditunda

322 views

Sumsel- Kota Palembang, Sumater Selatan diselimuti kbut asap yang cukup tebal hari ini (14/10/19). Akibatnya, setidaknya ada tujuh jadul penerbangan di bandara Mahmud Badaruddin II Palembang ditunda sejak pagi tadi.

“Fenomena asap diindikasikan dengan kelembapan yang rendah dengan partikel-partikel kering di udara, mengurangi jarak pandang,” ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Bambang Beny Setiaji.

Beny mengatakan tebalnya kabut asap terjadi lantaran banyaknya titik panas atau hot spot selama 24 jam terakhir di Ogan Komering Ilir sehingga intensitas asap kiriman meningkat signifikan.

“Asap kiriman datang dari Banyu Asin I, Pampangan, Tulung Selapan, Pedamaran, Pemulutan, Cengal, Pematang Panggang dan Mesuji,” ucapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel menyebutkan, data titik panas di Sumsel tercatat berjumlah 732 titik selama 24 jam terakhir di wilayah Sumsel, sebanyak 437 atau setengahnya berada di Kabupaten OKI.

Asap kebakaran hutan dan lahan itu dibawa angin dari wilayah OKI ke Kota Palembang dengan kecepatan 9 – 37 kilometer/jam dan menjadi pekat di beberapa wilayah pada pagi hari karena faktor labilitas udara.

“Intensitas asap umumnya meningkat pada pukul 04.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 dikarenakan labilitas udara yang stabil atau tidak ada massa udara naik pada waktu-waktu tersebut,” ujar Beny. (epo/dim)

BACA JUGA :   Gubernur - Kapolda Lampung dan Kemenhub Tandatangani Deklarasi Zero ODOL