Samsudin Tutup Bazar Santri Expo 2024 di Pringsewu

37 views

PRINGSEWU- Pj. Gubernur Lampung Samsudin secara resmi menutup Bazar Santri Expo 2024 dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2024, berlangsung di Lapangan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Sabtu (19/10/2024) malam.

Pj. Gubernur Samsudin menuturkan bahwa Acara Bazar Santri Expo 2024 bukan hanya menjadi ajang pamer potensi, tetapi juga sebagai perwujudan semangat kita dalam memperingati Hari Santri Nasional. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini, sehingga acara ini berjalan sukses dan meriah,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.

Setelah sepekan pelaksanaan Bazar Santri Expo, jelas Pj. Gubernur Samsudin, kegiatan ini telah menjadi momen yang sangat berharga. Kita dapat melihat berbagai produk unggulan yang dihasilkan oleh para santri. “Ini adalah bukti bahwa santri tidak hanya memiliki ilmu agama yang mendalam, tetapi juga santri memiliki inovasi dan santri juga berkarya dalam berbagai bidang,” jelasnya.

Ia juga menilai dalam Bazar Santri Expo ini, telah terjadi perputaran ekonomi di tengah-tengah masyarakat. “Dan terima kasih kepada santri yang ada di Kabupaten Pringsewu beserta seluruh para pengurus pondok pesantren yang telah melakukan kegiatan ekonomi yang cukup luar biasa di Kabupaten Pringsewu ini,” ujarnya.

Samsudin menyampaikan bahwa sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar, Indonesia memiliki lebih dari 39 ribu pondok pesantren. Ini adalah sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa dan penentu keberhasilan cita-cita bangsa. 

“Untuk itu saya berharap Bazar Santri Expo ini menjadi panggung yang akan membuka langkah bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya di kalangan para santri untuk menebarkan kiprahnya yang lebih luas,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.

BACA JUGA :   3 Partai Pengusung AMIN di Pesawaran Bentuk Struktur Tim Pemenangan

Pj. Gubernur Samsudin berharap pondok pesantren harus menjadi tempat yang mendorong para santri untuk mengembangkan keterampilan bisnis. “Mari kita ciptakan program-program pelatihan kewirausahaan, agar santri tidak hanya memiliki ilmu agama, tetapi juga memiliki keterampilan praktis untuk menghadapi tantangan zaman,” tuturnya.

“Dengan semangat kewirausahaan, saya yakin para santri bisa menciptakan lapangan kerja, untuk berkontribusi pada perekonomian lokal, dan menjadi teladan bagi generasi muda lainnya. Ini adalah langkah penting untuk mewujudkan visi kita menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” tambahnya.

Seperti diketahui, Semarak Santri Expo 2024 digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. 

Event ini berlangsung selama sepekan (13-19 Oktober 2024) di lapangan Pemkab Pringsewu ini antara lain berisikan bazar UMKM serta kuliner masyarakat. 

Semarak Santri Expo Pringsewu 2024 ini diikuti 80 stan. (pim)