News, UTI  

Mantap! Mahasiswa UTI Bikin Pembnagkit Listrim Tenaga Bayu untuk Lampu Jalan Soekarno-Hatta

1,091 views

LAMPUNG- Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), Yohanes Cristian Sinaga membuat Karya Inovasi yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) menggunakan Vertical Axis Wine Turbine (VAWT) untuk Lampu Jalan Soekarno-hatta, PLTB tersebut kemudian diserahkan kepada Kementerian PUPR DJBM BPJN Lampung yang pada kesempatan ini di terima oleh Kasubag Umum dan Tata Usaha Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung, Bandar Lampung, Jumat (30/8/2024).

PLTB VAWT untuk lampu jalan Soekarno-Hatta berfungsi untuk menyalakan lampu jalan, mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan meningkatkan keberlanjutan penggunaan energi di area tersebut. Turbin angin jenis VAWT memiliki desain yang memungkinkan turbin berputar dengan angin dari berbagai arah, sehingga efisien dalam kondisi angin yang tidak konsisten.

Pembuatan Karya Inovasi ini merupakan hasil bimbingan dari team dosen teknik Elektro UTI, Novia Utami Putri, MT. dan arahan dari Kaprodi Teknik Elektro, Elka Pranita, MT. sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarat, Mahasiswa memiliki potensi luar biasa untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat. dengan begini mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan ilmu dan inovasi untuk memecahkan masalah nyata.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H Mahathir Muhammad, SE., MM. mengucapkan terimakasih kepada Yohanes yang telah menyelesaikan studi nya dengan membuat Inovasi nyata yang dimanfaatkan untuk Masyarakat banyak.

“Dengan dedikasi dan kreativitas, mahasiswa bisa menginspirasi dan memberikan dampak nyata, membangun solusi yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Inilah saatnya bagi generasi muda untuk berkontribusi secara nyata, memperkuat jembatan antara akademik dan komunitas, serta mewujudkan visi masa depan yang lebih baik, ” Ujar Dr. Mahathir.(*)

BACA JUGA :   Kapolda Metro Jaya Sebut Kota Tangerang Wilayah Kondusif