SMSI Tulang Bawang Barat Gelar Pelatihan Broadcasting

1,373 views

Tulang Bawang Barat- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melakukan kegiatan pelatihan broadcasting terhadap siswa tingkat menengah atas kabupaten Tulang Bawang Barat. Kegiatan yang diselenggarakan di aula SMAN 1 Tumijajar, kecamatan Tumijajar, Tubaba itu dihadiri ratusan pelajar yang merupakan para peserta dari perwakilan kelas X, XI, dan XII dari sekolah tersebut, Rabu (31/07/2024).

Pihak SMSI Tubaba dalam kegiatannya menghadirkan dua orang pemateri, yang merupakan narasumber berkompeten pada bidangnya yaitu Adian Saputra dan Andri Kurniawan. Kedua narasumber itu masing- masing memiliki background atau latar belakang yang cukup memumpuni pada bidang kejurnalistikan.

Diketahui Adian Saputra merupakan Pemimpin Redaksi (Pimred) wartalampung.id, dosen jurnalistik Pendidikan Bahasa Prancis FKIP Unila, dosen Jurnalistik Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.

Kemudian Narasumber selanjutnya Andri Kurniawan merupakan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lampung, serta koordinator liputan SCTV/ Indosiar Lampung. Dalam Penyampaian paparannya kedua Nara sumber itu turut didampingi pendamping teknis yaitu bapak Sugiono.

Sebelum acara pelatihan broadcasting dimulai, disampikan penyambutan oleh kepala SMAN 1 Tumijajar Najamudin, S.Pd., M.Pd., ketua SMSI Tubaba Mukadam, serta kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tubaba Eri Budi Santoso yang akrab disapa Ebe.

Selain dihadiri oleh seluruh pengurus SMSI Tubaba, juga turut dihadiri oleh sekretaris Komite SMAN 1 Tumijajar Ahmad Basri, S.I.P., S.H., serta seluruh anggota dari berbagai perusahaan media massa baik pada tingkat media siber lokal maupun media sekala nasional yang ada di wilayah kabupaten setempat.

Dalam penyampaiannya kepala SMAN 1 Tumijajar Najamudin, S.Pd., M.Pd. yang didampingi sekretaris komite Ahmad Basri, S.I.P., S.H. itu menyampaikan ucapan terimaksihnya kepada seluruh pengurus serta jajaran SMSI Tubaba yang telah mengagas program broadcasting untuk para pelajar. Khususnya di sekolah yang saat ini dirinya pimpin. Ia pun berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara terus menerus setiap tahunnya.

BACA JUGA :   Jika Terpilih, Bupati Tubaba Minta Nizwar Rangkul Semua Calon Untuk PWI Lebih Baik

“Mengingat pentingnya acara seperti ini broadcasting, yang memang harus diperkenalkan kepada seluruh siswa dari kelas X, XI, dan XII agar siswa dapat mengetahui tentang apa itu broadcasting dan bagaimana cara berbroadcasting dengan baik”

“Oleh karenanya saya selaku kepala sekolah di SMAN 1 Tumijajar ini mengucapkan selamat datang kepada seluruh pengurus serta anggota SMSI Tubaba yang telah memprakarsai kegiatan bernilai positif seperti ini. Serta saya juga mengucapkan apresiasi sekaligus selamat datang pula kepada pemateri atau narasumber kegiatan broadcasting ini, yaitu bapak Adian Saputra, dan bapak Andri Kurniawan. Saya berharap para siswa sekalian dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan lebih seksama “ujarnya Najamudin.

Sementara kepala SMSI Tubaba Mukadam, dalam penyampaiannya juga turut menjelaskan kepada para pelajar yang merupakan peserta kegiatan. Tentang apa itu SMSI, dan sebuah organisasi apa, dan bagaimana hubungannya dengan kegiatan pelatihan broadcasting yang tengah dilakukan pihaknya tersebut.

Mukaddam juga turut memaparkan pentingnya broadcasting dalam dunia siber. Bagaimana para pajar dapat bermedia sosial dengan baik. Bermedia diera digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai wahana pemersatu dan perekat kesatuan bangsa. Selain itu pula dari hal tersebut bila kita dapat mensiasati dengan baik maka akan berdampak positif dan menguntungkan bagi semua pihak, serta dapat menghasilkan pundi- pundi rupiah.

“Broadcasting sangat perlu kita perkenalkan dengan para pelajar. Kedepan kami akan terus ajak semua pihak khususnya pemerintah daerah untuk bersinergi melaksanakan program pelatihan ini. Dengan pelatihan seperti ini minimal para pelajar mengetahui apa itu broadcasting, dan bagaimana memanfaatkan media sosial dengan bijak.

“Dengan melakukan hal positif maka saya yakin dapat meminimalisir prilaku menyimpang bagi para pelajar termasuk menjauhi Narkoba, asusila dan prilaku negatif lainnya. Saat ini kita telah memasuki era digital dan menuju Indonesia emas”

BACA JUGA :   Pj Bupati Buka Rakor dan Evaluasi Pencegahan serta Penurunan Stunting di Tubaba

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangatlah diperlukan, terutama penguasaan ilmu pengetahuan teknologi pada bidang media sosial. Menguasai teknologi berarti kita telah menguasai dunia, termasuk didalamnya bila kita bisa memanfaatkan nya dengan baik maka kedepan adik- adik pelajar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri melalui berbagai saluran media sosial termasuk broadcasting ini “pungkas ketua SMSI Tubaba Mukaddam dihadapan ratusan pelajar.

Sambutan terakhir pada pembukaan acara tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Tubaba, Eri Budi Santoso. Dalam sambutannya dirinya mendukung penuh acara yang telah digagas pihak SMSI Tubaba. Eri Budi Santoso juga secara resmi membuka pelatihan broadcasting itu, dan kedepan akan terus mendukung serta mensuport kegiatan bernilai positif tersebut selaku pemerintah daerah yang membidangi media dan informatiaka.

“Ya kegitan seperti ini merupakan kegiatan positif yang perlu kita terus tingkatkan. Perlu kita adakan, terimakasih kepada SMSI Tubaba, pihak sekolah, serta para narasumber kompeten pada bidangnya yang telah hadir untuk mengisi acara ini. Dengan mengucap bismilahirohmanirohim, acara kegiatan pelatihan broadcasting oleh SMSI Tubaba untuk para pelajar di SMAN 1 Tumijajar ini, secara resmi saya nyatakan dibuka “Ucapnya Kadis Kominfo Eri Budi Santoso pada sambutan dan pembukaan acara pelatihan broadcasting tersebut. (*)